Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2018, 19:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Leads Property Indonesia memprediksi permintaan lahan di kawasan industri pada tahun 2019 masih tetap lemah, hal ini seiring dengan perhelatan Pemilihan Presiden.

Oleh karena itu, Leads tidak melihat ada peningkatan yang signifikan dalam segmen pasokan lahan industri.

Meskipun pemerintah punya rencana mendistribusikan kawasan industri secara merata di Pulau Jawa seperti Cirbon dengan tambahan pasokan dari 2.000 hektar menjadi 10.000 hektar, namun konsentrasi tertinggi masih tetap berada di area Jakarta dan kota penyangga.

"Selain itu, sebagian besar investor masih melakukan aksi wait and see terhadap situasi yang berkembang," kata CEO Leads Property Indonesia kepada Kompas.com.

Baca juga: 2019, Surya Semesta Fokus Pengembangan Subang City of Industry

Kendati demikian, Hendra memastikan, harga lahan industri akan tetap stabil setelah mengalami sedikit penuruanan 1,52 persen sebagai dampak melemahnya permintaan dan menguatnya nilai tukar dollar AS terhadap Rupiah.

Saat ini, harga lahan industri berada pada kisaran Rp 2,71 juta per meter persegi atau setara dengan 182,06 dollar AS per meter persegi.

Terlepas dari penurunan harga jual, biaya pemeliharaan rata-rata justru malah meningkat 1,15 persen menjadi Rp 880 per meter persegi.

Secara keseluruhan Leads mencatat, pasokan kumulatif tahun ini seluas 11.496 hektar. Selama kuartal III-2018, tidak ada pasokan lahan industri baru yang masuk pasar.

Distribusi pasokan tertinggi ada di Bekasi (42 persen), Karawang & Purwakarta (31 persen), diikuti oleh Serang (9 persen), Cilegon dan Jakarta (6 persen), Tangerang (5 persen), dan Bogor (1 persen).

Sementara permintaan kumulatif sekitar 9.826 hektar, atau 1,62 persen lebih tinggi ketimbang tahun 2017 lalu.

Tingkat serapan kuartal ini seluas 38,2 hektar atau 39,7 persen dari total serapan sepanjang tahun seluas 96,5 hektar.

Tanah yang terserap dipergunakan untuk sektor industri makanan, otomotif, manufaktur dan bahan kimia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com