2019, Surya Semesta Fokus Pengembangan "Subang City of Industry"

Kompas.com - 14/12/2018, 10:51 WIB
Proyek jalan akses menuju Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEAProyek jalan akses menuju Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) berencana mengembangkan kota industri di kawasan Subang, Jawa Barat, bertajuk Subang City of Industry.

Karena itu, SSIA mengalokasikan sebagian besar dari total Rp 700 miliar belanja modal (capex) 2019 untuk realisasi kota industri ini.

"Tahun depan belanja modal Rp 700 miliar, Subang tetap kami fokuskan, sebagian besar untuk Subang ya. Kami targetkan peluncurannya akhir 2019," terang Investor Relation SSIA Erlin Budiman menjawab Kompas.com, Kamis (13/12/2018).

Saat ini, megaproyek tersebut masih dalam proses finalisasi desain dan rancangan induk. Kebutuhan-kebutuhan yang timbul seiring percepatan pengembangan infrastruktur di kawasan ini, akan diakomodasi lebih optimal.

Kebutuhan tersebut tidak hanya untuk lahan industri, melainkan residensial untuk para karyawan dan manajemen yang bekerja di wilayah ini, fasilitas penginapan atau hotel, pergudangan, dan lain sebagainya.

Ilustrasi.www.shutterstock.com Ilustrasi.
Menurut Erlin, sisi utara dan selatan Subang City of Industry yang dipisahkan Jalan Tol Cikopo-Palimanan, sangat potensial menjadi hub industri setelah Cikarang (Bekasi), dan Karawang yang sudah demikian padat.

Namun demikian, SSIA akan mengembangkan sisi selatan lebih dulu. Setelah itu, dilanjutkan dengan bagian utara yang memiliki akses menuju Pelabuhan Patimban.

Tak tanggung-tanggung, guna mempercepat realisasi Subang City of Industry ini, SSIA menggandeng PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk membangun infrastruktur pendukung dalam bentuk inisiasi Jalan Tol Subang-Patimban.

Jalan tol ini akan menghubungkan kawasan industri dengan Pelabuhan Patimban berkapasitas 3,75 juta TEUs pada tahap I.

100 hektar

Fase pertama seluas 100 hektar ini akan dikerjakan sendiri oleh SSIA. Sementara fase berikutnya, SSIA membuka peluang untuk investor atau mitra strategis bekerja sama dengan skema joint venture.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.