Ini Rincian Empat Jalan Tol Baru yang Dibuka Akhir Tahun

Kompas.com - 03/12/2018, 22:40 WIB
Jembatan Kalikuto yang merupakan bagian dari Tol Batang-Semarang menjalani uji beban pada 8 dan 9 November 2018 Dok. Humas Ditjen Bina Marga Kementerian PUPRJembatan Kalikuto yang merupakan bagian dari Tol Batang-Semarang menjalani uji beban pada 8 dan 9 November 2018

BANDUNG, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengebut pengerjaan empat jalan tol baru agar bisa selesai sesuai target pada Desember 2018.

Keempat jalan tol itu yakni Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Kartasura-Salatiga, dan Wilangan-Kertosono.

Jika semuanya rampung, jalan berbayar dari Merak ke Surabaya sepanjang 870 kilometer akan terkoneksi secara penuh pada akhir tahun ini.

"Tahun ini semua selesai sampai Surabaya. Rencana minggu kedua ini uji layak fungsi, lalu penerbitan sertifikat layak operasi," ucap Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, kepada Kompas.com, di Bandung, Senin (3/12/2018).

Baca juga: 4 Jalan Tol Baru Dibuka Desember, Trans-Jawa Pun Sempurna Tersambung

Peresmian keempat tol tersebut akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, kepastian waktunya harus menyesuaikan jadwal kerjanya.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai keempat ruas tol itu, berikut rinciannya:

Tol Pemalang-Batang

Foto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara kendaraan pemudik melintas di ruas Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6/2018). Jalan tol tersebut merupakan tol fungsional yang dibuka selama 24 jam hingga H+7 Lebaran.
Jalan tol ini dibangun sepanjang 39,2 kilometer dengan biaya investasi Rp 7,5 triliun.

Ada dua seksi, yaitu Seksi 1 SS Pemalang-SS Pekalongan sepanjang 17,9 kilometer dan Seksi 2 SS Pekalongan-Batang sepanjang 15,9 kilometer.

Fungsinya menghubungkan Tol Pejagan-Pemalang dan Batang-Semarang.

Pekerjaan proyek ini dilaksanakan oleh PT Waskita Toll Road yang sekaligus bertindak sebagai pengelola.

Jalan tol ini ditargetkan rampung dan beroperasi pada akhir tahun 2018.

Tol Batang-Semarang

Pintu tol Sumberjo Kaliwungu Kendal, yang terlihat sepi. Kompas.Com/Slamet Priyatin Pintu tol Sumberjo Kaliwungu Kendal, yang terlihat sepi.
PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memiliki konsesi membangun dan mengoperasikan tol ini.

Konstruksinya sepanjang 75 kilometer, dilengkapi tempat istirahat yang akan dikelola oleh PT Jasamarga Properti.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X