Jauh dari Kesan Horor, Ini Beberapa Inspirasi Rumah Warna Hitam - Kompas.com

Jauh dari Kesan Horor, Ini Beberapa Inspirasi Rumah Warna Hitam

Kompas.com - 30/11/2018, 20:30 WIB
MG2James Brittain. MG2

KOMPAS.com - Rumah dengan dekorasi warna hitam tak selalu menyiratkan kesan horor. Justru dengan desain dan perencanaan yang benar, rumah dengan dominasi warna gelap bisa terlihat menawan.

Arsitek Alain Carte merancang rumah dengan warna gelap yang mendominasi. Tak tanggung-tanggung sebanyak enam buah rumah berwarna hitam dibangun di seluruh penjuru Kanada.

Bahkan karena banyak rancangannya yang menggunakan warna ini, bangunan dengan warna hitam malah menjadi ciri khas Alain Carte.

La Héronnière

La Héronnière Adrien Williams. La Héronnière
Rumah ini dibangun di atas bebatuan di Pegunungan Laurentian.

Warna hitam mendominasi ruangan dan eksterior rumah tepatnya pada lantai kedua.

Beberapa ruangan seperti kamar tidur utama, kamar tidur tamu, serta kamar mandi dihias dengan warna-warna gelap.

Oleh pemiliknya, La Héronnière digunakan sebagai rumah berlibur.

Les Rorquals

Rumah berwarna hitam terakhir yang dirancang Carle berada di Quebec.

Les Rorquals merupakan rumah mungil yang menghadap ke arah Laut Saint Lawrence.

"Rumah ini memiliki tampilan rustic," ujar Alan Carle.

Bangunan rumah terdiri dari dua buah struktur geometri yang tidak beraturan. Tak hanya eksterior yang dicat dengan warna hitam, dinding yang terbuat dari kayu pinus hingga dapur pun juga ikut dihias dengan warna tersebut.

" Arsitektur rumah ini lebih condong ke pedesaan dibanding modern," imbuh dia.

True North

True NorthAlain Carte True North
Dominasi warna hitam pada rumah terletak pada bagian cladding yang terbuat dari material logam. Selain itu, cladding hitam ini juga dipadukan dengan papan beton yang juga dihias dengan warna serupa.

Rumah yang dbangun di Kota Cornwall, Ontario, ini benar-benar-benar memperlihatkan warna hitam di seluruh penjuru, dan hanya menyisakan sebagian dinding berwarna putih.

La Charbonnière

La CharbonnièreJames Brittain. La Charbonnière
La Charbonnière terletak di Cap-à-l'Aigle. Dengan luas 225 meter persegi, rumah ini dibangun dengan material kayu dan baja. Dinding luarnya diberi lapisan dari kayu berwarna hitam.

Teknik pelapisan ala Jepang ini dikenal dengan nama shou-sugi-ban. Lapisan ini kemudian ditutup dengan besi tempa yang juga berwarna hitam. Interior rumah didesain dengan gaya yang sederhana dengan gaya ala pedesaan.

Dari pintu masuk, penghuni langsung diarahkan ke dua lantai rumah. Di lantai pertama terdapat kamar tidur, ruang permainan, serta area mencuci. Sedangkan lantai di atasnya terdapat kamar tidur, ruang makan, dan ruang keluarga.

MG2

MG2James Brittain. MG2
MG2 merupakan rumah yang dibangun dari empat buah struktur terpisah. Dibanding dengan menggabungkan keempat buah bangunan tersebut, Alain Carle memilih untuk memisah seluruh bagian, dan membuat setiap bangunan memiliki fungsi tersendiri.

Meski terpisah, namun semua bagian bangunan tetap terhubung menjadi satu kesatuan.

Rumah yang juga terletak di Quebec ini dilengkapi dengan tiga buah kamar tidur, serta dibangun dengan luas 830 meter persegi.

L'Écran

LÉcranAlain Carte LÉcran
L'Écran merupakan salah satu karya lama Carle. Rumah ini dirancang dengan warna hitam serta dipadu dengan unsur kayu pada interiornya. Rumah ini dibangun dengan dua lantai.

Lantai kedua merupakan area utama, yang terdiri dari ruang kelaurga serta kamar tidur utama. Sementara lantai dasar merupakan tempat bagi kamar tidur tambahan dan ruang menonton.

Seperti karya Carle lainnya, seluruh eksterior rumah diwarnai dengan hitam. Uniknya, Carle menggunakan material bata daur ulang untuk mengisi dinding rumah.

Cat wana hitam memenuhi hampir seluruh permukaan dinding, serasi dengan bingkai jendela yang juga berwarna hitam. Selain itu, warna coklat dari kayu cedar menambah suasana rumah menjadi semakin hangat.



Close Ads X