Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Desain Bioskop Futuristik di China

Kompas.com - 20/11/2018, 23:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Firma arsitek Sybarite merancang bioskop futuristik yang berada di ibu kota China kuno, Xi'an.

Desain bioskop ini merupakan salah satu karya yang akan digunakan oleh peritel asal China, SKP.

Tempat ini terdiri dari dua lantai yang dihubungkan dengan tangga beton. Bioskop ini dibangun dengan tujuh buah layar, dua buah aula, dua ruangan VIP, dan ruangan anak-anak. Setiap ruangan bahkan diberi nama untuk membedakan setiap fungsinya.

Khusus untuk ruang pertunjukkan, Sybarite merancang desain dinding berlapis. Melansir situs Dexigner, desain dinding ini dibuat mirip dengan kulit atau cangkang armadilo, binatang khas di wilayah Amerika Selatan.

Area komunal yang disedikan dilengkapi dengan bar, cafe, dan ruang ritelKristen Pelou Area komunal yang disedikan dilengkapi dengan bar, cafe, dan ruang ritel
Desain bioskop menghubungkan dinding dengan langit-langit. Instalasi yang dipasang juga berfungsi sebagai pencahayaan ketika lampu utama dipadamkan.

Bahkan lampu di dalam instalasi memiliki warna yang berbeda sesuai dengan peruntukan ruang. Untuk ruang Love Hall misalnya, lampu yang digunakan berwarna pink metalik senada dengan warna kursi.

Selain sebagai tempat lampu, ruang di antara lapisan di instalasi dinding juga digunakan sebagai tempat pendingin udara.

Lampu di dalam instalasi memiliki warna yang berbeda sesuai dengan peruntukan ruang. Kristen Pelou Lampu di dalam instalasi memiliki warna yang berbeda sesuai dengan peruntukan ruang.
Untuk mengakomodasi selebiritis yang datang ke bioskop, arsitek telah menambahkan ruang khusus yang dilengkapi dengan bar pribadi. Ruangan ini didesain dengan kesan mewah.

Setiap sisi ruangan dihias dengan material berbahan marmer hitam khas arsitektur China.

Selain itu, Sybarite juga merancang area khusus yang dapat difungsikan sebagai ruang komunal.

Jika di banyak bioskop, pengunjung biasanya datang sesaat sebelum film diputar, namun di tempat ini, pengunjung dapat menunggu dengan nyaman.

Ini karena, area komunal yang disedikan dilengkapi dengan bar, cafe, dan ruang ritel. Area ini didesain khusus untuk membuat pengunjung betah selagi menunggu film diputar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com