Tol Jakarta-Cikampek Selatan Segera Dibangun

Kompas.com - 29/11/2018, 19:00 WIB
Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. Hafidz Mubarak AFoto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) saat ini terus dikebut. Progresnya telah mencapai 58,5 persen sampai per akhir November 2018.

Selain itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga berencana membangun Tol Jakarta-Cikampek II Sisi Selatan.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, ruas tol ini akan dibangun sepanjang 64 kilometer, mulai dari Jatiasih, Bekasi, hingga ke Sadang, Purwakarta.

"Jasa Marga sedang membangun Tol Jakarta-Cikampek selatan. Jaraknya sekitar 64 kilometer ke selatan, dari Jatiasih sampai Sadang, terus ke Jawa," ujar Desi saat ditemui di lokasi proyek Tol Japek Km 25, Bekasi, Kamis (29/11/2018).

Baca juga: Jasa Marga Bakal Tambah GT di Tengah Tol Layang Jakarta-Cikampek

Jasa Marga masih membutuhkan waktu untuk pembebasan lahan yang sebagian berada di area milik Perum Perhutani. 

Karena itu, Jasa Marga terus melakukan pendekatan dan koordinasi intensif dengan Perum Perhutani.

Sosialisasi kepada masyarakat di sekitarnya pun sekarang ini sedang dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan lembaga terkait.

Jika Tol Jakarta-Cikampek Selatan itu nantinya sudah selesai, berarti akan ada tiga jalan tol di sepanjang koridor Jakarta-Cikampek.

Ketiganya yaitu Tol Jakarta-Cikampek eksisting, Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), dan Tol Jakarta-Cikampek II Sisi Selatan.

Tol Jakarta-Cikampek 2 Sisi Selatan akan menghubungkan Sadang dengan Jatiasih yang melintasi lima kabupaten atau kota, 12 kecamatan, dan 33 kelurahan atau desa di Provinsi Jawa Barat.

Adapun target penetapan lokasi jalan tol dijadwalkan selesai pada Desember 2018. Untuk pengerjaan proyeknya direncanakan mulai awal 2019 dan dijadwalkan selesai pada 2021.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X