Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Jakarta-Cikampek Selatan Segera Dibangun

Kompas.com - 29/11/2018, 19:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) saat ini terus dikebut. Progresnya telah mencapai 58,5 persen sampai per akhir November 2018.

Selain itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga berencana membangun Tol Jakarta-Cikampek II Sisi Selatan.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani, ruas tol ini akan dibangun sepanjang 64 kilometer, mulai dari Jatiasih, Bekasi, hingga ke Sadang, Purwakarta.

"Jasa Marga sedang membangun Tol Jakarta-Cikampek selatan. Jaraknya sekitar 64 kilometer ke selatan, dari Jatiasih sampai Sadang, terus ke Jawa," ujar Desi saat ditemui di lokasi proyek Tol Japek Km 25, Bekasi, Kamis (29/11/2018).

Baca juga: Jasa Marga Bakal Tambah GT di Tengah Tol Layang Jakarta-Cikampek

Jasa Marga masih membutuhkan waktu untuk pembebasan lahan yang sebagian berada di area milik Perum Perhutani. 

Karena itu, Jasa Marga terus melakukan pendekatan dan koordinasi intensif dengan Perum Perhutani.

Sosialisasi kepada masyarakat di sekitarnya pun sekarang ini sedang dilakukan bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan lembaga terkait.

Jika Tol Jakarta-Cikampek Selatan itu nantinya sudah selesai, berarti akan ada tiga jalan tol di sepanjang koridor Jakarta-Cikampek.

Ketiganya yaitu Tol Jakarta-Cikampek eksisting, Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), dan Tol Jakarta-Cikampek II Sisi Selatan.

Tol Jakarta-Cikampek 2 Sisi Selatan akan menghubungkan Sadang dengan Jatiasih yang melintasi lima kabupaten atau kota, 12 kecamatan, dan 33 kelurahan atau desa di Provinsi Jawa Barat.

Adapun target penetapan lokasi jalan tol dijadwalkan selesai pada Desember 2018. Untuk pengerjaan proyeknya direncanakan mulai awal 2019 dan dijadwalkan selesai pada 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com