Jasa Marga Bakal Tambah GT di Tengah Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 29/11/2018, 18:06 WIB
Lokasi proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) di Tol Japek Km 25. Kompas.com/ERWIN HUTAPEALokasi proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) di Tol Japek Km 25.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bakal menambah gerbang tol (GT) di bagian tengah sebagai akses masuk dan keluar Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Namun, rencana tersebut akan direalisasikan setelah pembangunan tol layang tersebut selesai.

"Itu prioritas kedua, yang pertama adalah tol elevated cepat selesai," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani di lokasi proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) Km 25, Bekasi, Kamis (29/11/2018).

Baca juga: Komisi VI DPR Soroti Proyek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II

Jika mengacu ke rencana semula, GT hanya ada di bagian ujung awal dan akhir tol.

Akan tetapi, sesuai perkembangan waktu dan melihat banyaknya pengguna jalan yang perlu untuk masuk dan keluar di bagian tengah tol, maka rencana tersebut akan direalisasikan.

Salah satu tujuannya adalah mengurai kepadatan lalu lintas menuju ke daerah Bekasi dan sekitarnya serta ke arah Jawa Barat dan Jawa bagian selatan.

"Tol layang itu bukaannya di awal dan akhir, tidak ada di tengah. Sesuai pengamatan kami, dari jumlah trafik per hari untuk memecah komuter dan jarak jauh," ulas Desi.

Saat ini Jasa Marga sedang mendesain dan memperhitungkan berbagai hal, termasuk penetapan lokasi GT dan jumlah lalu lintas harian rata-rata (LHR).

Koordinasi juga sedang dilakukan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta institusi terkait.

Menurut rencana, imbuh Desi, konstruksi GT bakal dikerjakan pada semester awal tahun 2020.

"Sekarang sedang desain untuk bikin bukaan di atas, apakah di Cibitung atau yang lain. Masih proses dengan Kementerian PUPR, tidak hanya desain, tapi trafik dan lain-lain," tambahnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X