Macet Tol Cikampek, JSMR: Proyek Infrastruktur Tak Bisa Bersamaan

Kompas.com - 20/11/2018, 18:54 WIB
Dua pekerjaan konstruksi di Tol Jakarta-Cikampek, yaitu Light Rail Transit (LRT) dan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated). Kompas.com/DANI PRABOWODua pekerjaan konstruksi di Tol Jakarta-Cikampek, yaitu Light Rail Transit (LRT) dan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

JAKARTA, KOMPAS.com - Hampir setiap waktu kemacetan parah terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Bahkan, pada waktu-waktu tertentu, pengguna jalan tol berhenti cukup lama.

Hal itu disebabkan adanya tiga proyek infrastruktur yang dilaksanakan secara berbarengan di koridor tersebut, yakni Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated), Kereta Cepat Jakarta-Bandung, dan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, salah satu titik kemacetan paling parah di jalan tol ini berada di KM 10 Cikunir.

Baca juga: Konstruksi LRT dan Kereta Cepat Dihentikan Sementara

"Di Cikunir ini semua crossing, mulai dari elevated, ada overpass dari existing Jakarta-Cikampek, LRT, kereta cepat, semua crossing di Cikunir," kata Desi usai rapat dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bekasi, Selasa (20/11/2018).

Menurut Desi, untuk mengurai kemacetan, diperlukan kebijaksanaan dari pelaksana proyek untuk menghentikan sementara waktu proyek yang tengah dikerjakan.

Baca juga: Ini Alasan Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek Tak Dihentikan

"Tidak bisa semua kerja bareng. Ini nanti Pak Menhub prioritaskan, mana-mana yang bisa digeser di tempat lain dulu, tidak menumpuk di Cikunir," ujarnya.

Menhub Budi Karya Sumadi sebelumnya menyatakan, akan menghentikan sementara pekerjaan LRT dan kereta cepat di Tol Jakarta-Cikampek. Terutama, untuk proyek yang berada di ruas KM 11 hingga KM 17.

Hal ini untuk mengurangi kemacetan yang terjadi di jalan tol ini akibat pekerjaan proyek infrastruktur yang dilaksanakan secara bersama-sama.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X