Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek Tak Dihentikan

Kompas.com - 20/11/2018, 18:21 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari tiga proyek infrastruktur yang tengah digarap di koridir Tol Jakarta-Cikampek, hanya proyek Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang tidak dihentikan sementara.

Dua proyek lain yaitu Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Light Rail Transit (LRT) di beberapa titik dihentikan sementara waktu ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, tidak dihentikannya proyek tol layang yang digarap PT Jasa Marga (Persero) Tbk itu lantaran diharapkan dapat dibuka fungsional saat Lebaran 2019.

"Sekarang perkembangannya 57 persen (dan ditargetkan) Lebaran selesai," kata Budi usai memimpin rapat di Grand Dhika Apartement, Selasa (20/11/2018).

Baca juga: Konstruksi LRT dan Kereta Cepat Dihentikan Sementara

Untuk itu, Budi pun meminta Jasa Marga segera menyerahkan proposal strategi pelaksanaan proyek guna meminimalisasi kemacetan yang terjadi.

Pasalnya, saat ini tingkat kemacetan yang dirasakan masyarakat sudah sangat parah.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani mengatakan, pekerjaan konstruksi Tol Layang Jakarta-Cikampek II (Elevated) harus segera selesai.

Dalam waktu dekat Tol Trans Jawa akan beroperasi sepenuhnya.

"Sehingga kalau beroperasi tapi ditahan di Jakarta-Cikampek karena belum selesai, manfaatnya masih kurang optimal. Sehingga Jakarta-Surabaya bahkan sampai di Grati itu akan tersendat di Cikampek," kata Desi.

Jasa Marga akan memaksimalkan jalur tersebut, supaya Tol Trans Jawa tidak hanya bermafaat dari Cikampek sampai Grati, tapi Jakarta sampai Grati.

"Jadi tidak ada lagi kendaraan yang tersendat di Jakarta-Cikampek," tutup Desi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com