Kompas.com - 15/11/2018, 13:30 WIB
Ilustrasi rumah BrianAJacksonIlustrasi rumah

JAKARTA, KOMPAS.com — Memiliki hunian impian dapat dikatakan gampang-gampang susah. Apalagi, untuk generasi milenial yang lebih memprioritaskan kebutuhan gaya hidup dan jalan-jalan.

Meski demikian, buat milenial yang ingin segera punya rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

General Manager Marketing Rumah123 Fanny Meilana mengatakan, hal pertama jadikan rumah sebagai daftar kebutuhan pokok yang harus segera dimiliki.

"Itu artinya punya niat. Ketika niat pengen punya properti, kita sudah buat list dalam kebutuhan kita," kata Fanny kepada Kompas.com, Rabu (14/11/2018).

Baca juga: Mandiri-REI Gelar Pameran Properti Tanpa DP

Berikutnya, disiplin menabung. Punya niat saja tidak cukup bila milenial tidak disiplin menabung.

Semakin tinggi gaji yang dimiliki, godaan untuk menghabiskan uang demi memenuhi hasrat hura-hura akan kian besar. Contohnya, nongkrong di kafe, belanja daring, hingga liburan ke luar negeri bersama teman-teman.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikutnya, milenial harus selalu ingat bahwa harga properti dari tahun ke tahun selalu naik. Penyebabnya, keterbatasan lahan sehingga harganya terus melonjak. Sementara permintaan hunian terus tumbuh.

Terakhir, jangan berpikir bahwa mengumpulkan uang muka dan mencicil rumah itu merupakan sebuah pekerjaan yang berat.

"Sekarang istilahnya babak belur pada uang muka atau DP pertama. Ketika sudah terbiasa membayar cicilan, biasanya kan gaji itu sudah ada peningkatan, jadi ada ruang lagi untuk traveling dan lain-lain," ujar Fanny.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X