Bisa Ditiru, Rancangan Tenda Pengungsi Tak Harus Terpal Biru

Kompas.com - 14/11/2018, 12:00 WIB
Maidan Tent Marco CappellettiMaidan Tent

KOMPAS.com - Sebagai upaya untuk membantu meringankan penderitaan pengungsi di seluruh dunia, dua arsitek muda pada 2016 lalu memulai sebuah proyek. 

Mereka merancang "tempat tinggal sementara" untuk meningkatkan kesehatan mental para pengungsi selama masa tanggap darurat.

Proyek bertajuk 'Maidan Tent' ini dikerjakan oleh Bonaventura Visconti dan Leo Bettini Oberkalmsteiner, serta didukung oleh Organisasi Internasional PBB untuk Migrasi (IMO).

Dengan tenda ini, para pengungsi dapat memanfaatkan ruang publik sebagai sebuah area komunal untuk melawan trauma psikologis, baik itu disebabkan oleh peperangan, penganiayaan, maupun pemaksaan imigrasi.

Tenda pertama telah dipasang dua tahun sejak penelitian dilaksanakan di Ritsona, Yunani, dan yaitu sebuah kamp penampungan yang menampung sekitar 800 pengungsi.

Saat ini, kamp tersebut juga menjadi tuan rumah bagi tim desain dalam membuat rancangan selanjutnya dalam dua tahun terakhir

Selama proses tersebut, tim merefleksikan percakapan dengan pengungsi guna mengenali trauma migrasi yang memberikan dampak psikologis terhadap komunitas.

Trauma tersebut diketahui dari hasil perjalanan berbahaya yang dilakukan pengungsi menggunakan rakit di tengah Laut Mediterania.

Maidan TentArchdaily Maidan Tent

Di kamp tersebut, pengaturan tenda serta kontainer yang luas dan kurangnya area umum dapat menghasilkan alienasi dan disorientasi.

Tim perancang percaya, bahwa area umum yang terorganisasi yang ditawarkan Maidan Tent, dapat memungkinkan komunitas untuk bermain, berinteraksi serta berempati di bawah struktur yang dapat dipindahkan serta melindungi para pengungsi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X