Toilet, Atraksi Wisata Menarik di Norwegia

Kompas.com - 12/11/2018, 21:30 WIB
Tempat ini dirancang oleh firma Haugen/Zohar Arkitekter (HZA) Steinar SkaarTempat ini dirancang oleh firma Haugen/Zohar Arkitekter (HZA)

KOMPAS.com - Sebuah toilet unik menjadi salah satu atraksi utama di wilayah utara Gildeskål. Toilet ini dibangun di salah satu tempat peristirahatan yang berada di tengah rute wisata alam Norwegia, tepatnya di rute 18.

Toilet yang dinamakan Ureddplasen populer sebagai salah satu destinasi turis dan warga lokal. Di sekeliling toilet terdapat tempat duduk yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati panorama.

Baca juga: Uji Nyali, Berlibur di Tengah Gurun Paling Kering di Muka Bumi

Tempat ini dirancang oleh firma Haugen/Zohar Arkitekter (HZA) yang berbasis di Oslo. Desain ini bahkan membawa HZA menjadi salah satu finalis World Architectural Festival 2018 dalam kategori Landscape - Rural Project.

Bangunan toilet terbuat dari beton dan dilengkapi dengan terasSteinar Skaar Bangunan toilet terbuat dari beton dan dilengkapi dengan teras
Selain sebagai spot untuk menikmati aurora, tempat ini dulunya merupakan monumen peringatan Perang Dunia II.

Untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan, tempat ini kemudian berubah fungsi menjadi toilet. Sementara monumen yang lama sudah dipindah ke tempat lain.

Sisa batu yang digunakan sebagai fondasi monumen kini menjadi tempat duduk bagi turis.

"Pemandangan dari jalan ini terlihat unik dan ada banyak tempat duduk yang disediakan bagi pengunjung yang melindungi mereka dari kebisingan lalu lintas," ujar manajer Norwegian Scenic Route Helgelandskysten, Steinar Skaar.

Teras dibangun dari lempengan beton cor yang dibuat melengkung, yang menutupi pintu masuk toilet. 
Lars Grimsby Teras dibangun dari lempengan beton cor yang dibuat melengkung, yang menutupi pintu masuk toilet.
Bangunan toilet terbuat dari beton dan dilengkapi dengan teras. Teras dibangun dari lempengan beton cor yang dibuat melengkung, yang menutupi pintu masuk toilet.

Beton melengkung ini dirancang menutupi seluruh sisi depan, atas, dan belakang toilet seperti, tepanya seperti kain yang disampirkan.

Sedangkan toilet sendiri terbuat dari kaca tembus cahaya. Pada malam hari, cahaya dari dalam toilet akan bersinar dan seakan menjadi tengara di tempat tersebut.

toilet sendiri terbuat dari kaca tembus cahaya. Lars Grimsby toilet sendiri terbuat dari kaca tembus cahaya.
Sementara arsitek juga menambahkan jalan masuk yang terbuat dari beton prefabrikasi. Jalan ini menghubungkan teras dengan pinggir pantai.

"Bersama dengan kontraktor, kami telah sukses meningkatkan kualitas yang diinginkan arsitek," imbuh Skaar.

Rute 18 merupakan salah satu tempat yang terkenal akan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Bahkan pemerintah setempat telah mengumpulkan para arsitek terkemuka untuk menciptakan struktur atau atraksi di tempat tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Dezeen
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X