Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toilet, Atraksi Wisata Menarik di Norwegia

Toilet yang dinamakan Ureddplasen populer sebagai salah satu destinasi turis dan warga lokal. Di sekeliling toilet terdapat tempat duduk yang dapat digunakan pengunjung untuk menikmati panorama.

Tempat ini dirancang oleh firma Haugen/Zohar Arkitekter (HZA) yang berbasis di Oslo. Desain ini bahkan membawa HZA menjadi salah satu finalis World Architectural Festival 2018 dalam kategori Landscape - Rural Project.

Untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan, tempat ini kemudian berubah fungsi menjadi toilet. Sementara monumen yang lama sudah dipindah ke tempat lain.

Sisa batu yang digunakan sebagai fondasi monumen kini menjadi tempat duduk bagi turis.

"Pemandangan dari jalan ini terlihat unik dan ada banyak tempat duduk yang disediakan bagi pengunjung yang melindungi mereka dari kebisingan lalu lintas," ujar manajer Norwegian Scenic Route Helgelandskysten, Steinar Skaar.

Beton melengkung ini dirancang menutupi seluruh sisi depan, atas, dan belakang toilet seperti, tepanya seperti kain yang disampirkan.

Sedangkan toilet sendiri terbuat dari kaca tembus cahaya. Pada malam hari, cahaya dari dalam toilet akan bersinar dan seakan menjadi tengara di tempat tersebut.

"Bersama dengan kontraktor, kami telah sukses meningkatkan kualitas yang diinginkan arsitek," imbuh Skaar.

Rute 18 merupakan salah satu tempat yang terkenal akan pemandangan alamnya yang luar biasa.

Bahkan pemerintah setempat telah mengumpulkan para arsitek terkemuka untuk menciptakan struktur atau atraksi di tempat tersebut.

https://properti.kompas.com/read/2018/11/12/213000421/toilet-atraksi-wisata-menarik-di-norwegia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke