Perpustakaan, Kado Seabad Kemerdekaan Finlandia

Kompas.com - 12/11/2018, 12:00 WIB
perpustakaan merupakan salah satu hal yang paling disukai di Finlandia. Ala Architects perpustakaan merupakan salah satu hal yang paling disukai di Finlandia.

KOMPAS.com - Tak ada yang lebih membahagiakan dari kado pada hari ulang tahun. Beberapa orang memberikan benda sebagai kado hari kelahiran. 

Namun bukan kado sembarang kado bagi Finlandia. Negara yang disebut paling bahagia oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2018 ini menghadiahi dirinya dengan sebuah perpustakaan.

Bukan tanpa alasan masyarakat Finlandia memilih perpustakaan sebagai kado pada hari kemerdekaan. Hal ini dilatarbelakangi dengan kegemaran warga dalam meminjam buku.

Baca juga: Lima Perpustakaan dengan Desain Futuristik

Negara ini juga terkenal dengan pelayanan publik yang baik. Selain itu, perpustakaan merupakan salah satu hal yang paling disukai di Finlandia. Sekitar 5,5 juta penduduk negara ini meminjam 68 juta buku per tahun.

Helsinki Central Library atau yang juga disebut dengan Oodi rencananya akan dibuka pada Desember 2018. Ala Architects Helsinki Central Library atau yang juga disebut dengan Oodi rencananya akan dibuka pada Desember 2018.
Kegemaran penduduk Finlandia akan pinjam meminjam bahkan dituliskan oleh situs New Statesman America.

Dalam laman tersebut, mereka menuliskan kegemaran penduduk dalam hal pinjam-meminjam. Tak hanya buku, mereka juga gemar meminjam berbagai benda lain seperrti instrumen musik, alat olah raga, hingga mesin jahit.

Helsinki Central Library

Helsinki Central Library atau yang juga disebut dengan Oodi rencananya akan dibuka pada Desember 2018.

Berlokasi di pusat kota Helsinki, tepatnya di depan Gedung Parlemen, perpustakaan ini menjadi proyek andalan untuk menyambut 100 tahun kemerdekaan Finlandia.

Ini karena perpustakaan tidak hanya dirancang untuk menjadi tempat penyimpanan buku semata, namun juga akan menyediakan ruang pemutaran film, ruang perekaman audio, dan tempat restorasi barang-barang tua.

Fungsi bangunan didesain sangat kontrasAla Architects Fungsi bangunan didesain sangat kontras
Lokasi perpustakaan yang berada di pusat kota sekaligus pusat kebudayaan Finlandia, turut mengembangkan tempat tersebut menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara publik.

Pembangunan perpustakaan berikut semua fasilitasnya menelan dana hingga 98 juta euro atau sekitar Rp 1,6 triliun.

Layout Perpustakaan

Eksterior perpustakaan dirancang dengan bentuk melengkung, sementara fasad gedung dibangun dengan material kayu.

Fungsi bangunan didesain sangat kontras, dimana masyarakat dapat menyelenggarakan berbagai acara, dengan tidak meminimalisasi fungsi perpustakaan sebagai ruang baca.

Ruang publik terletak di lantai satu yang juga menyatu dengan pusat kegiatan masyarakat. Di lantai pertama, terdapat beberapa ruang lain seperti aula serba guna, restoran, dan bioskop. 

perpustakaan ini menjadi proyek andalan untuk menyambut 100 tahun kemerdekaan Finlandia.  Ala Architects perpustakaan ini menjadi proyek andalan untuk menyambut 100 tahun kemerdekaan Finlandia.
Lantai ini menyatu dengan plaza pada halaman depan perpustakaan yang juga didesain dengan fungsi serupa. 

Sementara bagi penggemar pengunjung yang menginginkan ruang tenang untuk sekedar membaca atau belajar dapat langsung ke lantai tiga. Lantai ini menawarkan ketenangan layaknya di perpustakaan konvensional.




Close Ads X