Kompas.com - 12/11/2018, 10:12 WIB
Editor Latief

JAKARTA, KOMPAS.com - Para agen atau broker properti sudah harus benar-benar memaksimalkan penggunaan troperty technology (proptech). Ini sebagai cara mengantisipasi datangnya industri 4.0 saat sebagian pekerjaan manusia akan tergantikan oleh robot dan kecerdasan buatan.

Demikian dikatakan Hody Kuntohadi, Country Director LJ Hooker Indonesia, pada HUT ke-17 LJ Hooker di Indonesia sekaligus melakukan peluncuran buku "9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital", bekerja sama dengan Gramedia di Central Park, Jakarta Barat, Sabtu (10/11/2018).

"Ditambah lagi, pembangunan pemerintah saat ini juga tak cuma berpusat di Jawa, tapi sudah merata ke berbagai daerah. Jadi, untuk mengatasi masalah jarak dan waktu diperlukan teknologi sebagai alat bantu. Untuk itu, lewat penggunaan aplikasi digital LIDIA kami mereka menjual dan menyewakan properti," kata Hody.

Sementara itu, lanjut dia, platform e-learning Property Mastery juga dipakai untuk melahirkan para Property Consultant (PC) yang memiliki kompetensi tinggi.

"Ke depannya kami juga akan meluncurkan aplikasi Real Estate Business Opportunity Referral Network yang bisa jadikan wadah komunitas para pelaku bisnis properti untuk saling bekerja sama dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi orang yang ingin berusaha, baik sebagai seorang konsultan properti atau sebatas referal saja," tambah Hody.

Direktur Operasional LJ Hooker Indonesia, Oka M Kauripan, pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa industri properti memiliki turunan 176 industri di dalamnya. Tak heran, ada banyak bidang pekerjaan terlibat di dalamnya.

"Kalau industri propertinya maju, ekonomi negara juga bergerak, khususnya untuk rumah tinggal dengan segmen harga di bawah Rp 500 juta," ujar Oka.

"Tahun lalu, tambah Oka, LJ Hooker Indonesia berusaha fokus pada kualitas layanan konsumen. Tahun ini agen properti ini akan mempersiapkan semua platform yang ada untuk menjadi lompatan besar (quantum) bagi agen properti yang memanfaatkan teknologi digital.

"Tahun depan kami akan fokus menjalankan program yang merupakan lompatan besar yang mengembangkan kemampuan dan jaringan," tambah Oka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.