Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Broker Properti Mulai Gunakan Aplikasi Digital

Kompas.com - 07/03/2018, 10:19 WIB
M Latief

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Hartono Sarwono mengatakan, prospek penjualan properti melalui jasa broker pada 2018 ini menjanjikan sekalipun tahun ini adalah tahun politik pilkada.

Untuk itu anggota broker harus meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan pemasarannya di Indonesia agar peran mereka bisa lebih meningkat. Prospek pasar properti, lanjut Hartono, juga akan ditentukan oleh arah kebijakan pemerintah dalam pembiayaan perumahan, seperti BI 7-Day Repo Rate, Tax Amnesty, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), hingga lanjutan Paket Kebijakan Ekonomi dari pemerintah.

"Tahun politik ini ada peluang orang menyimpan dananya dengan membeli properti. Pasar properti seken dan primer akan menyerap permintaan tersebut. Tapi, kalau yang muncul adalah suasana ketakutan, maka masyarakat akan menyimpan uangnya di bank atau emas," ujar Hartono usai peluncuran One21, aplikasi pemasaran dan jaringan properti milik Century21 Indonesia di Jakarta, Selasa (6/3/2018).

Dirancangnya One21 ini misalnya, menurut dia, adalah salah satu inovasi pemasaran untuk mengikuti tuntutan saat ini yang serba cepat dan memudahkan. Lewat aplikasi digital inilah broker bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan pemasarannya. 

"Ini langkah maju dan seharusnya terobosan seperti ini juga bisa diikuti broker lainnya, terutama untuk memudahkan bertransaksi," kata Hartono.

Country Director Century 21 Indonesia, Hendry Tamzel, menambahkan bahwa Century ingin memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk memperkuat sistem organisasi pemasaran pada jaringan agen properti yang bernaung di bawahnya. Hal itu terutama untuk mengintegrasikan jaringan layanannya yang sudah mencapai sekitar 6.000 agen properti di seluruh Indonesia.

"Akan lebih mudah. Sistem penjualan dan pemasaran member broker dan marketing associate-nya bisa lebih optimal, karena arus informasi, data listing, dan progres penjualan bisa terupdate secara real time," ujar Hendry.

Dengan cara itu, lanjut Hendry, kinerja broker akan dengan peluang closing penjualan paling tinggi, sebab cara kerjanya sudah lebih efisien dan efektif. Aplikasi One21 sendiri sebenarnya sudah dirilis secara resmi pada ajang One21 Annual Award and Recognitions Night 2018 akhir Februari 2018 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com