Karya Zaha Hadid, Desain Bandara Baru Beijing Mirip Pesawat Alien - Kompas.com

Karya Zaha Hadid, Desain Bandara Baru Beijing Mirip Pesawat Alien

Kompas.com - 07/11/2018, 21:50 WIB
Beijing Daxing International Airport Zaha Hadid Architects/Methanoia Beijing Daxing International Airport

KOMPAS.com - Bandara baru di Beijing yang akan dibuka pada tahun depan dirancang dengan desain menyerupai pesawat luar angkasa. Desain yang tak biasa ini merupakan buah karya mendiang arsitek Zaha Hadid.

Terminal bandara dirancang dengan desain yang futuristik, yakni berbentuk segi enam raksasa. Bahkan, banyak pengguna internet yang mengaitkan desain tempat ini dengan pesawat alien seperti dalam film-film keluaran Hollywood.

Bangunan terminal ditopang oleh delapan tiang berbentuk huruf C raksasa. Desain tiang ini memberi akses masuk banyak sinar matahari ke dalam ruangan.

Melansir South China Morning Post, luas total bandara itu mencapai 47 kilometer persegi. Bandara ini digadang-gadang akan menjadi yang terbesar di dunia, meski saat ini gelar tersebut masih dipegang Istanbul New Airport.

Baca juga: Bandara Baru Istanbul Melebihi Luas Manhattan

Terminal bandara dirancang dengan desain yang futuristik, yakni berbentuk segi enam raksasa. Zaha Hadid Architects/Methanoia Terminal bandara dirancang dengan desain yang futuristik, yakni berbentuk segi enam raksasa.
Nantinya, bandara yang diberi nama Beijing Daxing International Airport tersebut akan dilengkapi dengan lima taman outdoor. Taman ini dirancang dengan mengadopsi model taman kuno China dan akan digunakan sebagai tempat menunggu bagi penumpang.

Bandara ini dibangun dengan total tinggi lima lantai. Titik ini akan menjadi tempat tertinggi dibanding bandara lainnya.

Selain itu, desain inovatif lain yang diterapkan adalah desain ruang bandara yang terbuka. Nantinya keluarga dan para pengantar masih dapat melihat famili dan relasi, bahkan setelah melewati pemeriksaan keamanan.

Bangunan terminal didukung oleh delapan tiang berbentuk C raksasa. Desain tiang ini mampu membiarkan banyak sinar matahari masuk ke dalam ruangan. 
Zaha Hadid Architects/Methanoia Bangunan terminal didukung oleh delapan tiang berbentuk C raksasa. Desain tiang ini mampu membiarkan banyak sinar matahari masuk ke dalam ruangan.
"Tidak seperti desain bandara lain, di mana tempat pemeriksaan menghalangi pengunjung dan penumpang, orang-orang yang ingin melihat anggota keluarga dan teman benar-benar dapat melihat mereka berjalan menuju ke gerbang atau berkeliaran di ruang tunggu. Desain ini memang memberi perhatian terhadap hal tersebut," ujar juru bicara Beijing New Airport Construction Headwuarters, Zhang Ru.

Baca juga: Bandara Meksiko Rancangan Arsitek Beken, Gagal Dibangun

Desain inovatif bandara ini merupakan yang terbaru, sekaligus yang layak untuk ditawarkan.

Terminal baru dibangun dengan ukuran mencapai dua kali lipat Terminal 5 Bandara Heathrow. Pembangunan terminal bandara menghabiskan dana hingga 12 miliar dollar AS atau sekitar Rp 175 triliun. Dikutip dari Lonely Planet, bandara ini rencananya akan dibuka pada 2019.

Bandara internasional baru ini akan melayani 45 juta penumpang per tahun pada fase pertama dengan empat landasan pacu. Sementara pada 2025, pihak bandara akan melakukan ekspansi sehingga dapat melayani 75 juta penumpang setiap tahun.

Rencana ekspansi ini sudah diatur dengan tujuan untuk menyaingi Bandara Internasional Atlanta, yang terkenal sebagai bandara tersibuk di dunia.

Meski letak bandara itu sejauh 46 kilometer dari Beijing, nantinya penumpang akan dilayani dengan moda transportasi kereta cepat.



Close Ads X