Bandara Meksiko Rancangan Arsitek Beken, Gagal Dibangun

Kompas.com - 31/10/2018, 23:00 WIB
Desain bandara yang dirancang oleh firma arsitek Foster + Partners ini rencananya akan mengganti bandara Mexico City International Airport Foster + PartnersDesain bandara yang dirancang oleh firma arsitek Foster + Partners ini rencananya akan mengganti bandara Mexico City International Airport

KOMPAS.com - Bandar udara baru di Mexico City, Meksiko, urung dibangun. Bandara baru yang sedianya akan dinamai The New Mexico City International Airport atau Nuevo Aeropuerto Internacional de la Ciudad de México (NAICM) ini rencananya dibangun untuk menggantikan peran Mexico City International Airport.

Namun, keberadaan bandara ini ditolak oleh masyarakat Meksiko melalui referendum. Meski proses pembangunan sudah dimulai sejak 2015 lalu, masyarakat tetap memilih pembatalan konstruksi.

Baca juga: Bandara Baru Istanbul Melebihi Luas Manhattan

Keputusan pembatalan diperoleh berdasarkan pemungutan suara. Hasilnya, sebanyak 70 persen masyarakat Meksiko menolak adanya fasilitas ini.

Pemungutan suara merupakan inisiatif dari presiden Meksiko terpilih, Andres Manuel Lopez Obrador.

Sebelum terpilih, Loperz Obrador dalam kampanyenya menyerukan pembatalan pembangunan bandara. Dia mengkritik kebutuhan dana dalam konstruksi yang dinilai melebihi kebutuhan.

keberadaan bandara ini ditolak oleh masyarakat Meksiko melalui referendum. Foster + Partners keberadaan bandara ini ditolak oleh masyarakat Meksiko melalui referendum.
Selain itu, pembangunan bandara juga diiringi dengan isu korupsi dan masalah lingkungan di sekitar wilayah bandara.

Setelah voting dilaksanakan, Lopez Obrador mengatakan akan menghormati pilihan rakyat.

"Keputusan yang dipilih oleh rakyat ini demokratis, rasional, dan efisien," ujar Lopez Obrador.

Lopez Obrador yang akan dilantik paa Desember mendatang, merasa prihatin dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk pembangunan.

Baca juga: Bandara Zaman Hitler Disulap Jadi Ruang Kreatif

Perkiraan dana yang dibutuhkan sebesar 13,3 miliar dollar AS. Sebesar 60 pesen dari totakl tersebut dibiayai oleh pemerintah sedangkan sisanya merupakan pinjaman dari bank.

Dengan adanya pembatalan pembangunan ini, Lopez Obrador mengatakan bahwa ada cara yang lebih murah dibanding membangun baru, yakni dengan memperluas bandara lama yang ada.

Konstruksi bandara yang baru rampung separuh rencananya akan menjadi pusat olah raga dan ekologi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber Dezeen
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X