Tahukah Anda, Boyolali Punya 6 Bangunan Ikonik?

Kompas.com - 03/11/2018, 17:20 WIB
Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali, Jawa Tengah.KOMPAS.com/Labib Zamani Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali, Jawa Tengah.

SOLO, KOMPAS.com - Nama Boyolali tengah mencuat dan menjadi topik perbincangan khalayak, setelah calon presiden Prabowo Subianto berpidato di hadapan pendukungnya di Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Potongan pidato yang menyinggung tentang "Tampang Boyolali" tersebut sempat viral dan menuai rekasi dari berbagai lapisan masyarakat.

Potongan kalimat dalam pidato Prabowo sebagai berikut:

"...dan saya yakin kalian nggak pernah masuk hotel-hotel tersebut, betul? (Betul, sahut hadirin yang ada di acara tersebut). Mungkin kalian diusir, tampang kalian tidak tampang orang kaya, tampang kalian ya tampang orang Boyolali ini."

Namun tahukan Anda bahwa Kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki beragam pesona?

Selain pemandangan alamnya, Boyolali juga terkenal sebagai salah satu sentra produksi susu terbesar di Jawa.

Tak hanya itu, Boyolali kini juga mulai dikenal dengan bangunan-bangunan ikoniknya, seperti:

Sapi Ndekem

Lingkungan pusat pemerintahan Kabupaten Boyolali memiliki daya tarik tersendiri. Tak hanya berfungsi sebagai tempat kegiatan para pemangku jabatan, tempat ini juga menarik minat masyarakat.

Di tempat ini terdapat bangunan ikonik sapi raksasa atau yang dinamakan Sapi Ndekem. Bangunan yang aslinya bernama Gedung Lembu Sora ini dibangun di lahan seluas 18x12 meter.

Studio sapi di alun-alun kota BoyolaliStanly/KompasOtomotif Studio sapi di alun-alun kota Boyolali
Dikutip dari situs Pemerintah Kabupaten Boyolali, gedung yang dibangun dengan dana senilai Rp 2,7 miliar tersebut sebenarnya difungsikan sebagai tempat penerima tamu.

Di dalam "perut" sapi terdapat ruangan seperti gedung bioskop. Di sini, pengunjung dan tamu dapat menyaksikan video singkat mengenai potensi yang ada di Kabupaten Boyolali, baik di bidang pariwisata, pendidikan, infrastruktur, dan potensi-potensi lainnya.

Monumen Susu Tumpah

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Foto dari @toni_harnowo Di Ambil Monumen Susu Murni Boyolali Boyolali. • Tugu jam memang masih mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat boyolali dan sekitarnya tak terkecuali admin sendiri.. banyak sekali kenangan manis di tugu itu yang tak lekang dimakan waktu. Mari kita sambut Monumen baru yang akan menjadi salah satu icon kebanggaan kabupaten boyolali yang identik dengan susu sapi nya, Monumen susu murni alias susu tumpah ini berdiri di lokasi yang sama persis di lokasi yang sebelumnya ditempati tugu jam. Di Monumen ini terdapat tulisan "New Zealand Van Java" tau maksudnya? Nanti kalo Cod Atau janjian sama temanmu diganti ya nama lokasinya bukan di tugu jam lagi tapi di tugu susu murni, oke? ???? • #dolanboyolali #boyolali #indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dolan Boyolali (@dolanboyolali) pada 1 Nov 2018 jam 8:05 PDT

Monumen susu tumpah merupakan ikon baru di Kota Susu ini. Bentuk monumen ini sempat viral di media sosial khususnya Instagram, karena bentuknya yang menyerupai botol susu yang ditumpahkan isinya ke dalam gelas.

Keberadaan monumen susu ini menggantikan ikon kota sebelumnya, yakni Tugu Jam.

Kehadiran monumen berbentuk susu ini memang ditujukan untuk menguatkan kesan Boyolali sebagai Kota Susu sekaligus mempercantik pusat kota.

Page:



Close Ads X