Kompas.com - 02/11/2018, 16:44 WIB
Tol Trans-Sumatera di Lampung. Dokumentasi Hutama KaryaTol Trans-Sumatera di Lampung.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Sumatera, tidak cukup hanya dengan membangun jalan tol.

Diperlukan pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru, guna menggugah geliat bisnis dan pengembangan kawasan.

PT Hutama Karya (Persero) memiliki rencana besar untuk mengintegrasikan infrastruktur konektivitas di koridor Tran Sumatera dengan kawasan pertumbuhan ekonomi baru.

"Kami akan mengembangkan itu, tentu tidak bisa sendiri. Harus mengajak swasta, bangun perumahan, industri, ritel komersial, dan lain-lainnya. Tapi, untuk waktu dekat yang akan dikembangkan adalah pengembangan yang mendukung industri," kata Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo saat bertandang ke kantor redaksi Kompas.com, Kamis (1/11/2018).

Direktur HC dan Pengembangan PT Hutama Karya (Persero) Putut Ariwibowo menambahkan, untuk dapat menumbuhkan sentra ekonomi baru tersebut, diperlukan kontribusi dari pemerintah daerah.

"Ini yang menjadi PR (pekerjaan rumah) kita bersama. Kita tidak henti-hentinya melakukan kajian, karena kepentingannya bukan cuma Hutama Karya, tapi juga Bappenas, KPPIP, pengelolaan risiko warga negara, semua yang berkepentingan what's next after jalan tol," ujar Putut.

Sebenarnya, ada empat value capture yang dapat ditangkap untuk mengoptimalkan kehadiran Tol Trans Sumatera.

Keempatnya yaitu pajak, retribusi, pemanfaatan aset pemerintah, dan kontribusi pihak ketiga.

Baca juga: Tol Trans Sumatera, Antara Sirip Ikan dan Jalur Distribusi

Namun, untuk dapat menangkap hal tersebut dibutuhkan modal yang tidak sedikit. Pasalnya, value capture ini berkaitan erat dengan peningkatan lalu lintas harian (LHR) di jalan tol yang dirancang sepanjang 2.704 kilometer itu.

"Dan kepentingan traffic ini tidak hanya kita inginkan, tetapi juga diinginkan pelabuhan. Traffic yang besar perlu inisiatif dari pemerintah maupun kami," sambung Putut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.