Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peresmian Patung di India Buat Posisi GWK Melorot

Kompas.com - 01/11/2018, 22:32 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Posisi patung tertinggi di dunia kini dipegang oleh Statue of Unity di India. Patung yang dibangun setinggi 182 meter ini dibangun di negara bagian Gujarat.

Pembangunan patung perunggu ini merupakan bentuk penghormatan sekaligus persembahan bagi pahlawan India, Sardar Vallabhbhai Patel.

Patel berjasa dalam membantu kemerdekaan India sekaligus merebut kendali negara dari tangan Inggris.

Proses konstruksi patung sendiri membutuhka waktu hampir empat tahun dan menghabiskan dana 29,9 miliar rupee atau sekitar Rp 6,1 triliun.

Patung Sardar Vallabhbhai Patel memiliki ukuran lebih tinggi dua kali dibanding Patung Liberty di New York.

Baca juga: 3 Ruangan di Patung GWK yang Wajib Dikunjungi

Bahkan jika diukur tanpa pedestal, ketinggian Statue of Liberty empat kali lipat lebih tinggi dibanding dengan Patung Liberty.

Patung ini dilengkapi dengan lift yang akan mengangkut 15.000 wisatawan setiap harinya. Obyek wisata patung ini sendiri akan dibuka pada 3 November 2018.

Struktur patung dibangun dari 210.000 meter kubik semen, 25.000 ton baja, dan 1.700 ton perunggu. Di dalam patung terdapat dua inti beton yang menjadi pusat bangunan ini.

Sementara dua damper setinggi dada dipasang untuk mengontrol goyangan angin sekaligus melindungi struktur saat gempa.

Penampakan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dari udara usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Minggu (25/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Penampakan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) dari udara usai diresmikan di Kuta Selatan, Bali, Minggu (25/09/2018). Patung setinggi 121 meter dengan lebar 64 meter tersebut resmi diresmikan dan menjadi patung tertinggi ketiga di dunia.
Dengan selesainya pembangunan patung ini, posisi Garuda Wisnu Kencana yang baru diresmikan September lalu bergeser.

GWK yang dibangun dengan ketinggian 121 meter ini kini menempati posisi ketiga dalam daftar patung tertinggi di dunia.

Sementara tempat kedua diisi oleh Spring Temple of Buddha. Patung yang dibangun sejak 1997 sampai 2008 ini memiliki tinggi 153 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com