Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2019, Pemudik Bisa Lewat Tol Lampung Tembus Palembang

Kompas.com - 01/11/2018, 22:19 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) optimistis pekerjaan Jalan Tol Trans Sumatera bagian selatan, jalur Lampung-Palembang dapat dilalui masyarakat sebelum Lebaran 2019.

Direktur Operasi I HK Bambang Pramusinto menjelaskan, Tol Bakauheni-Palembang memiliki panjang 380 kilometer.

Adapun yang menjadi bagian Hutama Karya yaitu sepanjang 347 kilometer dan ditargetkan selesai pada April 2019.

Sementara, 33 kilometer sisanya mulai dari ruas Kayu Agung-Betung, konsesinya milik badan usaha lain.

Baca juga: 11 Ruas Tol Trans Sumatera Butuh Rp 250,5 Triliun

"Dengan demikian, selama 4 tahun terakhir ini Hutama Karya telah menyelesaikan Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 290 kilometer dengan total investasi Rp 41,295 Triliun," kata Bambang saat bertandang ke kantor Kompas.com, Kamis (1/11/2018).

Selanjutnya, untuk Sumatera bagian utara, yaitu dari Medan-Binjai, Hutama Karya sudah menyelesaikannya sepanjang 17 kilometer.

Terkait ruas yang masih dalam tahap konstruksi, seperti ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, Bambang menjelaskan ruas tersebut sudah dilaksanakan konstruksinya sepanjang 53 kilometer pada tahun 2018, dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019.

"Ruas lain yang akan segera dimulai konstruksinya adalah Padang-Pekanbaru, Aceh-Sigli, Indrapura-Kisaran, Kualatanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Binjai-Langsa, serta Indralaya-Muara Enim," kata dia.

Selain tol, Hutama Karya juga melakukan pengembangan terhadap kawasan di sekitarnya. HK pun menyatakan siap bekerja sama dengan kontraktor yang bersedia mengembangkan kawasan di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com