Kompas.com - 01/11/2018, 22:19 WIB
Ilustrasi tol Kementerian PUPRIlustrasi tol

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) optimistis pekerjaan Jalan Tol Trans Sumatera bagian selatan, jalur Lampung-Palembang dapat dilalui masyarakat sebelum Lebaran 2019.

Direktur Operasi I HK Bambang Pramusinto menjelaskan, Tol Bakauheni-Palembang memiliki panjang 380 kilometer.

Adapun yang menjadi bagian Hutama Karya yaitu sepanjang 347 kilometer dan ditargetkan selesai pada April 2019.

Sementara, 33 kilometer sisanya mulai dari ruas Kayu Agung-Betung, konsesinya milik badan usaha lain.

Baca juga: 11 Ruas Tol Trans Sumatera Butuh Rp 250,5 Triliun

"Dengan demikian, selama 4 tahun terakhir ini Hutama Karya telah menyelesaikan Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 290 kilometer dengan total investasi Rp 41,295 Triliun," kata Bambang saat bertandang ke kantor Kompas.com, Kamis (1/11/2018).

Selanjutnya, untuk Sumatera bagian utara, yaitu dari Medan-Binjai, Hutama Karya sudah menyelesaikannya sepanjang 17 kilometer.

Terkait ruas yang masih dalam tahap konstruksi, seperti ruas Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, Bambang menjelaskan ruas tersebut sudah dilaksanakan konstruksinya sepanjang 53 kilometer pada tahun 2018, dan ditargetkan selesai pada akhir tahun 2019.

"Ruas lain yang akan segera dimulai konstruksinya adalah Padang-Pekanbaru, Aceh-Sigli, Indrapura-Kisaran, Kualatanjung-Tebing Tinggi-Parapat, Binjai-Langsa, serta Indralaya-Muara Enim," kata dia.

Selain tol, Hutama Karya juga melakukan pengembangan terhadap kawasan di sekitarnya. HK pun menyatakan siap bekerja sama dengan kontraktor yang bersedia mengembangkan kawasan di sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.