Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Atap Resor Ini Bisa Bergerak

Kompas.com - 31/10/2018, 13:19 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Costa Navarino merupakan sebuah resor di Yunani yang viral di Instagram. Atap bar dan restoran resor ini terlihat seperti bergerak.

Resor ini berada di wilayah Messinia, sebelah barat daya Peloponnese. Area ini merupakan wilayah pantai dengan pasir putih, lengkap dengan fasilitas hotel bintang lima, spa, dan tempat latihan golf.

Salah satu atraksi menarik di tempat ini adalah bar yang menyatu dengan restoran. Interior restoran bernama Barbouni ini memiliki pemandangan unik dan banyak menarik perhatian pengunjung. Apalagi kalau bukan bentuk atapnya yang bergerak mengikuti arah angin.

Kanopi pada langit-langit ini akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda. Pergerakan ini dipangaruhi oleh arah dan kecepatan angin di daerah tersebut.

Restoran ini dibuka pada 2011 dan viral ketika akun Instagram @Levanterman mengunggah video interior ruangan.

Ketika angin masuk dan menyentuh kanopi, atap bar akan mulai bergerak. Sejak saat itu, restoran ini menjadi terkenal.

Costa Navarino didesain oleh perusahaan arsitektur dan desain K-Studio. Arsitek senior Costantza Sbokou-Constantakopoulou mengatakan, arsitek yang menangani desain restoran ini terinspirasi dari pergerakan ombak laut di depan restoran.

Restoran ini dibuka pada 2011 dan viral ketika akun Instagram @Levanterman mengunggah video interior ruangan. Costa Navarino Restoran ini dibuka pada 2011 dan viral ketika akun Instagram @Levanterman mengunggah video interior ruangan.
"Kami menginginkan ada semacam gema yang masuk ke gedung, kami tidak menginginkan struktur statis di sekitar lingkungan yang dinamis," ujar salah satu partner K-Studio, Dimitris Karampatakis.

Restoran Barbouni terletak di atas panggung kayu. Selain itu, tiang restoran juga terbuat dari bahan alami ini.

Penggunaan material alam dan efek bergerak pada langit-langit ruangan ini membuat desain resoran seolah menyatu dengan lingkungan sekitar. Atap bergerak restoran sendiri terbuat dari kain tirai khusus.

"Kami melakukan serangkaian tes dengan kain dan berbagai material yang berbeda pada awalnya," jelas Karampatakis.

Kanopi pada langit-langit ini akan bergerak dengan kecepatan yang berbedaCosta Navarino Kanopi pada langit-langit ini akan bergerak dengan kecepatan yang berbeda
Dengan banyaknya gerakan angin di wilayah sekitar pantai, tentu dapat merusak kain pada langgit-langit. Hal ini membuat pengelola selalu mengganti bahan kain dengan yang baru di akhir musim liburan.

"Arsitek menginginkan angin untuk menghidupkan dan bermain dengan bangunan dengan cara yang sama seperti saat menyentuh gelombang. Sehingga bangunan dan laut selaras dan terkoneksi oleh gerakan angin dari waktu ke waktu," Tutur Sbokou-Constantakopoulou.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com