India Luncurkan Kereta Pertama Tanpa Awak

Kompas.com - 29/10/2018, 17:30 WIB
Train 18, kereta tanpa awak pertama di India. NDTVTrain 18, kereta tanpa awak pertama di India.

KOMPAS.com -  Kereta tanpa awak pertama di India yang bernama Train 18 menjalani uji coba menyusuri trek yang dibuat khusus untuk kereta itu pada Senin (29/10/2018).

Kehadiran kereta ini merupakan penerus kereta Shatabdi Express, kereta generasi sebelumnya yang sudah beroperasi selama 30 tahun.

Setelah Train 18 menjalani proses uji coba, kereta itu akan masuk menjadi bagian dari angkutan massal yang dioperasikan oleh Indian Railways, perusahaan pengelola sistem transportasi kereta milik Pemerintah India.

Kereta berkecepatan tinggi itu diproduksi oleh Integral Coach Factory (ICF) di Chennai, India, sebagai perwujudan dari tekad untuk memproduksi barang dalam negeri yang dikenal dengan slogan “Make in India”.

Baca juga: Alasan Politis, Malaysia dan Singapura Tunda Proyek Kereta Cepat

“Dalam masa uji coba, Train 18 akan menjalani tiga hingga empat hari percobaan ke luar pabrik sebelum diserahkan kepada Research Design and Standards Organisation (RDSO) untuk dites lebih lanjut,” ujar Manajer Umum ICF Sudhanshu Mani kepada kantor berita Press Trust of India.

RDSO merupakan lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai penasihat teknis dan akan melakukan pengujian terhadap kereta itu, lalu memberikan hasilnya kepada Indian Railways.

Rangkaian kereta Train 18 terdiri dari 16 gerbong, dan dua gerbong di antaranya adalah gerbong eksekutif.

Saat dioperasikan, kereta ini bisa mencapai kecepatan hingga 160 kilometer per jam, lebih cepat dari kereta Shatabdi Express yang kecepatannya 130 kilometer per jam.

Di kereta ini juga ditanam beberapa fitur canggih berstandar alat transportasi modern, seperti closed circuit television (CCTV), wi-fi, Global Positioning System (GPS), Passenger Information System (PIS), dan pijakan pintu bisa bergeser.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X