Kompas.com - 22/10/2018, 08:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, proses perizinan dalam pengelolaan lahan Meikarta sepenuhnya menjadi wewenang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi.

Perizinan tersebut beragam mulai dari izin tata ruang, analisa mengenai dampak lingkungan (amdal), izin mendirikan bangunan (IMB) dan lain-lain.

"Wewenang Pemprov adalah memberi rekomendasi tata ruang yang diajukan Pemkab Bekasi. Rekomendasi hanya untuk pertimbangan terkait peruntukkan tanah," kata Ridwan lewat akun instagramnya, Minggu (21/10/2018).

Dari sekitar 500 hektar atau tepatnya 447 hektar area pengembangan kawasan Meikarta, 143 hektar di antaranya telah diajukan Pemkab Bekasi ke Pemrov Jabar.

Baca juga: Lippo Kantongi 24 IMB Meikarta, Sebelum Billy Ditangkap KPK

Ketika masih dipimpin Gubernur Ahmad Heryawan, Ridwan menambahkan, Pemprov telah mengeluarkan rekomendasi untuk lahan seluas 85 hektar atau tepatnya 84,3 hektar.

"Dari kajian sementara ini tidak ada masalah administrasi dalam pengajuan 85 hektar," kata dia.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu menegaskan, bila dalam proses pengurusan izin tersebut terdapat upaya suap atau gratifikasi, maka hal itu sudah masuk ranah pidana.

Ia pun mendorong aparat penegak hukum mengusut persoalan ini secara tegas dan adil.

"Sementara itu sebagai Gubernur baru, saya akan secepatnya melakukan review dan kajian secara menyeluruh dan adil terkait menyikapi proyek ini pada masa mendatang," tutup dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penanaman Modal dan Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi Muhammad Said mengungkapkan, Lippo Group telah mengantongi izin prinsip, dan izin mendirikan bangunan (IMB) untuk proyek Meikarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.