BMW Rilis Desain Rumah Mungil

Kompas.com - 20/10/2018, 11:13 WIB
Rumah mungil BMW MINI LivingRumah mungil BMW

KOMPAS.com - Kota-kota di seluruh dunia mengalami kekurangan lahan untuk hunian. Untuk itu, para arsitek di seluruh dunia berlomba-lomba menciptakan desain rumah mungil yang nyaman dan sesuai untuk ditinggali.

Kali ini, produsen mobil mewah, BMW, mengeluarkan rancangan rumah mungil. Rumah ini cocok dibangun di lingkungan yang mengalami krisis kekurangan lahan.

Rumah mungil BMWMINI Living Rumah mungil BMW
Rumah mungil atau kabin ala BMW ini didesain dengan ukuran yang lebih kecil dibanding desain hunian kebanyakan.

Melansir Business Insider, rumah ini dibangun seluas 15 meter persegi, dan merupakan kolaborasi dengan arsitek Dayong Sun.

Bangunan ini didesain dengan dua lantai. Setiap rumah dilengkapi dengan rung bersantai sekaligus kamar tidur. Tak lupa, BMW juga menempatkan dapur dan kamar mandi di sisi lainnya.

Uniknya, bagian tengah rumah dirancang dengan memadukan konsep pekarangan di rumah tradisional China, yang disebut hutong. Perpaduan ini menciptakan campuran area pribadi dan umum.

bagian tengah rumah dirancang dengan memadukan konsep pekarangan di rumah tradisional China, yang disebut hutong.MINI Living bagian tengah rumah dirancang dengan memadukan konsep pekarangan di rumah tradisional China, yang disebut hutong.
Konsep hutong memang sudah sulit untuk didapatkan. Ini karena area rumah berdekatan dengan area umum, dimana konsep ini kurang cocok untuk kehidupan masyarakat milenial.

Namun rumah yang didesain oleh Sun ini mampu memadukan konsep Hutong dengan rumah minimalis modern, sehingga penghuni masih bisa merasa nyaman tinggal di dalam rumah.

Rumah ini juga dilengkapi dengan area penyimpanan. Area ini didesain layaknya puzzle khas China, yang dikenal dengan nama Tangram.

Dinding ruangan ini dibuat dari bahan pegboard, sehingga penghuni dapat menggunakannya sebagai ruang kerja sementara.

tempat tidur yang dapat dikeluarkan. Dinding rumah juga bisa menjadi ruang kerja sementaraMINI Living tempat tidur yang dapat dikeluarkan. Dinding rumah juga bisa menjadi ruang kerja sementara
Sun juga menambahkan cermin emas pada bagian eksteriornya. Cermin ini merefleksikan pemandangan sekitar rumah dengan sangat baik. 

Penghuni juga bisa menatap langit-langit reflektif dari dalam rumah. Sedangkan tempat tidur di dalamnya dapat dikelaurkan dari dalam.

Hal ini memungkinkan penghuni untuk bersantai sambil menatap langit malam. 

Meski masih berupa purwarupa, namun konsep hunian ini sudah dikenalkan di berbagai kota, seperti London, New York, dan Los Angeles.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X