Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawab Tantangan, Andra Matin Desain Rumah Murah

Kompas.com - 17/10/2018, 22:02 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Isandra Matin Ahmad, atau dikenal dengan Andra Matin, mendapat tantangan dari Farpoint untuk mendesain rumah yang indah, ramah lingkungan, tetapi dengan harga murah.

Tantangan itu dijawabnya melalui kehadiran klaster Acacia di kompleks perumahan Samanea Hill, Parung Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada proyek rumah tapak ini, dia mendapat kepercayaan untuk mendesain master plan, area perumahan dan komersial, serta fasilitas umum yang bisa digunakan bersama oleh para penghuni kompleks itu.

"Tantangan dari Farpoint itu bikin desain yang bagus, orang jadi terkesan, dan harganya terjangkau," ujar Andra saat berbincang dengan media, di Alam Sutera, Tangerang, Rabu (17/10/2018).

Baca juga: Kembangkan Rumah Hijau, Farpoint Gandeng Andra Matin

Rupanya tantangan itu menjadi menarik bagi dan membuatnya terinspirasi menyuguhkan rancangan bangunan yang seimbang dan ramah lingkungan.

Hal itu diwujudkan melalui ciri khas desain rumah yang dibuat Andra, antara lain dengan dibuatnya inner courtyard di dalam rumah.

Area ini berfungsi sebagai ruang hijau kecil di mana ada rumput dan tanaman untuk menyegarkan kondisi ruangan di sekitarnya.

"Ini rumah yang beda, arsitekturnya bernilai seni. Ada juga inner courtyard untuk pertukaran udara dan cahaya," ucapnya.

Arsitek Isandra Matin Ahmad, atau yang dikenal dengan nama Andra Matin.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Arsitek Isandra Matin Ahmad, atau yang dikenal dengan nama Andra Matin.

Selain itu, dia juga mempertimbangkan penempatan AC dan berbagai peralatan rumah tangga agar bisa berfungsi semestinya, tetapi tampilan rumah itu tetap sedap dipandang.

Dari sisi tata ruang, dia pun menggabungkan konsep ruang tamu dan ruang keluarga sehingga lebih efektif dan efisien.

Mengenai ketinggian rumah pun dipikirkannya. Klaster Acacia terdiri dari dua tipe yaitu Deluxe dan Suite. Tipe Deluxe berketinggian hampir 3 meter, sedangkan tipe Suite tingginya 4,8 meter.

Khusus tipe Suite dibangun dengan atap lebih tinggi yang bisa ditambah hingga 6,3 meter. Gunanya bisa dibuat menambah mezanin, misalnya untuk menempatkan barang dan rak buku.

Adapun kedua tipe tersebut merupakan rumah tipe 36 yang masing-masing berukuran 72 meter persegi.

Di klaster ini, ada 450 unit yang dibangun dengan komposisi 70 persen tipe Deluxe dan 30 persen tipe Suite.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com