Jakarta Peringkat ke-41 Kota Atraktif Dunia

Kompas.com - 19/10/2018, 23:45 WIB
Ilustrasi Jakarta ThinkstockIlustrasi Jakarta

KOMPAS.com - Daftar Global Power City Index (GPCI) 2018 terbaru menempatkan London di posisi teratas. Laporan ini memberikan peringkat bagi 44 ibu kota di seluruh dunia.

Dalam laporannya, Jakarta berada di peringkat ke-41 sebagai kota paling atraktif di dunia. Posisi ini masih sama dengan tahun lalu.

Laporan ini menyebutkan, Jakarta hanya unggul dari tiga kota saja, yaitu, Johannesburg, Mumbai, dan Kairo.

Sementara dibanding tiga kota lainnya di Asia Tenggara, Jakarta masih kalah jauh. Bangkok dan Kuala Lumpur misalnya, berada di atas Jakarta.

Baca juga: Singapura Kota Favorit Pebisnis Start Up, Jakarta Nomor 3

Kota Bangkok berada di peringkat 36 sedangkan Kuala Lumpur berada di posisi 32. Sedangkan Singapura berada di posisi lima besar bersama dengan kota-kota besar lain di dunia.

Nilai per kategori

Kota-kota tersebut dinilai dari 70 indikator yang terbagi dalam enam kategori, yakni ekonomi, riset dan pengembangan, interaksi budaya, lingkungan, aksesibilitas, dan kelayakan.

Selain peringkat secara meyeluruh, laporan GPCI juga memberikan peringkat pada masing-masing kategori.

Dalam hal Ekonomi, Jakarta mendapatkan skor 144,6 dan berada di peringkat 38. Sementara dalam kategori riset dan pengembangan, peringkat ibu kota Indonesia ini turun ke posisi 43 dengan nilai yang hanya 4,5. Dalam kategori ini, Jakarta hanya unggul dibanding Kairo.

Begitu pula dalam hal aksesibilitas. Dari 10 indikator dalam kategori ini, Jakarta hanya mendapatkan skor 94,6 serta hanya unggul dari Kota Mumbai.

Jakarta menempati posisi 42 dalam hal interaksi budaya dengan nilai 51,7. Kemudian dalam kategori kelayakan, Jakarta mendapatkan nilai 283,1 dan bertengger di peringkat 39.

Yang terakhir adalah kategori lingkungan, Jakarta mendapatkan skor tertinggi dalam hal ini dengan menempati ranking ke-37, dengan skor 123,5.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X