Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedianya, Seksi 3 dan 4 Tol Pejagan-Pemalang Diresmikan Hari Ini

Kompas.com - 19/10/2018, 22:11 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Peresmian Jalan Tol Pejagan-Pemalang Seksi 3 dan 4 Brebes Timur-Pemalang, sedianya dilaksanakan pada hari ini, Jumat (19/10/2018).

Namun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, rencana tersebut batal lantaran Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru pulang dari kunjungan kerja ke Lombok, Kamis (18/10/2018) malam.

"Harusnya hari ini Pejagan-Pemalang, tapi beliau dari Mataram kemarin (lanjut) ke Bali. Dari Bali ke Semarang, tadinya dari Semarang mau ke Pejagan, tapi helikopternya enggak sampai Semarang, masih di NTB," jelas Basuki di kantornya, Jumat siang.

Baca juga: Juli 2018, Tol Pejagan-Pemalang dan Solo-Sragen Diresmikan

Kunjungan kerja Presiden ke Lombok kemarin dilakukan dalam rangka memimpin rapat untuk percepatan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah tersebut pascagempa bumi beberapa waktu lalu.

Presiden menginstruksikan agar prosedur pertanggungjawaban penggunaan bantuan dana pemerintah disederhanakan agar masyarakat dapat segera memperoleh dana bantuan untuk membangun kembali rumahnya yang mengalami kerusakan.

Kendati ditunda, Basuki memastikan, peresmian Seksi 3 dan 4 Tol Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 kilometer akan dilakukan dalam waktu dekat.

Nantinya, secara simultan Presiden juga akan meresmikan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer.

"(Peresmiannya) satu-satu, karena kan selesainya satu-satu," ungkap Basuki.

Untuk diketahui, Seksi 3 dan 4 ini sebelumnya sudah dibuka fungsional atau sementara saat musim Lebaran 2018 lalu. Meski dibuka fungsional, namun masyarakat sudah dapat merasakan kenyamanan layaknya tol operasional pada umumnya.

Secara keseluruhan, panjang Jalan Tol Pejagan-Pemalang mencapai 57,5 kilometer. Jalan tol yang menelan investasi Rp 7,26 triliun tersebut digarap oleh PT Pejagan Pemalang Toll Road, anak usaha PT Waskita Toll Road.

Adapun untuk Seksi 1 dan 2 yaitu dari Pejagan sampai Brebes Timur sepanjang 20,2 kilometer sudah beroperasi sejak Juni 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com