Kompas.com - 09/10/2018, 11:14 WIB
Ilustrasi proyek infrastruktur Kementerian PUPRIlustrasi proyek infrastruktur

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah proyek infrastruktur yang digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat dukungan pembiayaan dan penjaminan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan di sela-sela kegiatan Media Forum bertajuk "Creative and Innovative Financing: Showcasing Indonesia Model" pada ajang Annual Meeting 2018 IMF-World Bank di Nusa Dua, Bali, Senin (8/10/2018).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, selama ini pihaknya terus berinovasi mencari skema pembiayaan baru guna mendukung penyelesaian proyek infrastruktur yang ditugaskan kepada PUPR.

Baca juga: Preservasi Tiga Jalan Nasional Didanai KPBU-AP

Terbatasnya anggaran yang dialokasikan mendorong kreativitas untuk memenuhi target yang ditentukan.

"Anggaran yang dialokasikan di Kementerian PUPR dalam empat tahun terakhir rata-rata Rp 105 triliun, sementara kebutuhannya lebih besar," kata Basuki dalam keterangan tertulis.

KPBU selama ini sudah sering dilakukan Kementerian PUPR dengan pihak swasta terutama proyek jalan tol dan penyediaan air minum.

Namun dalam waktu dekat, kementerian akan meluncurkan skema KPBU baru yaitu availability payment (AP) atau ketersediaan layanan. Skema ini telah diajukan dan mendapat dukungan dari Kementerian Keuangan.

Untuk tahap pertama, KPBU AP akan dilakukan untuk tiga proyek preservasi jalan nasional non tol yaitu Jalur Lintas Timur Sumatera, Jalan Trans Sumatera, Jalan Trans Papua.

Sementara itu, Menkeu Sri Mulyani mengatakan, banyak proyek dikerjakan Kementerian PUPR diminati swasta.

Dengan adanya KPBU ini, maka aset yang telah dimiliki pemerintah dapat terpelihara dengan baik dan kualitasnya tetap terjaga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.