Sekolah Ruteng, Ide Besar SASO Architects Memajukan Daerah Tertinggal

Kompas.com - 27/09/2018, 19:06 WIB
Andi Subagio dari biro arsitektur SASO Architects, Jakarta. Kompas.com / ERWIN HUTAPEAAndi Subagio dari biro arsitektur SASO Architects, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Biro arsitektur SASO Architects dari Jakarta yang dinakhodai Andi Subagio baru-baru ini memenangi salah satu kategori dalam 5th Global LafargeHolcim Awards for Sustainable Construction, 2018.

Andi bersama dua orang temannya, Danna Rasyad dan Theodorus Alryano, tampil sebagai terbaik kategori Next Generation untuk wilayah Asia Pasifik.

Perhelatan ini digelar oleh LafargeHolcim Foundation sebagai ajang kompetisi desain pembangunan berkelanjutan berskala internasional.

Dalam kompetisi itu, Andi dan timnya mengajukan desain pembangunan sekolah di Ruteng, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Baca juga: Arsitek Indonesia Menangi Penghargaan Asia Pasifik

Awalnya, pembangunan sekolah itu merupakan proyek sosial yang dikerjakan sesuai pesanan klien SASO Architects, yaitu lembaga keagamaan Katolik dari Semarang.

Namun, seiring berjalannya proyek, mereka berpikir untuk mengikutsertakan desain itu dalam ajang LafargeHolcim Awards, sekaligus mengembangkan desainnya agar lebih baik dan potensial secara ekonomi.

"Ini proyek studio saya sendiri, diundang untuk desain sekolah ini. Lalu ada award ini, saya dan dua teman mengeksplor lebih desain proyeknya," kisah Andi kepada Kompas.com seusai diskusi bertema "Building Sustainably to Support Education in Indonesia", di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Selain menciptakan desain, Andi dan timnya juga memiliki gagasan untuk mencari dana guna membantu pembiayaan pembangunan sekolah tersebut.

Sebab, dalam pelaksanaannya, proyek itu makin berkembang sesuai kebutuhan dengan berbagai fasilitas tambahan.

"Desain sudah ada, tapi donatur belum. Kami cari donatur juga untuk pengembangan proyek ini karena komitmen masih panjang," ucap Andi.

Ruteng harus maju

Dia ingin menjadikan pembangunan sekolah tersebut sebagai momentum perkembangan daerah Ruteng agar lebih maju.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X