Pesan Presiden UIA Jelang Hari Arsitektur Dunia

Kompas.com - 26/09/2018, 10:02 WIB
President of International Union of Architects (UIA) Thomas VonierInternational Union of Architects President of International Union of Architects (UIA) Thomas Vonier

KOMPAS.com – Dalam rangka Hari Arsitektur Dunia yang diperingati setiap Senin pada minggu pertama bulan Oktober, President of International Union of Architects (UIA) Thomas Vonier memberikan pesan tertulis kepada dunia.

Pesan itu berisi tentang peran para arsitek dalam membantu mewujudkan kelestarian lingkungan dan penataan kota yang lebih baik melalui kehadiran arsitektur.

“Arsitektur bisa membantu planet kita dalam menghadapi dua masalah paling parah, yaitu degradasi lingkungan dan semakin besarnya kebutuhan manusia,” ujar Thomas Vonier melalui keterangan tertulis, Selasa (25/9/2018).

Baca juga: Para Juara IAI Awards 2018

Dia melanjutkan, arsitek juga bisa membantu mengembalikan cara yang benar untuk mencegah perusakan warisan budaya, penurunan kualitas lingkungan, pemborosan penggunaan sumber daya alam, dan praktik melanggengkan ketidakseimbangan sosial.

Menurut Thomas, dunia akan terasa lebih baik bagi semua orang dengan adanya arsitektur. Para arsitek juga bisa membantu menghentikan kerusakan alam dan lahan pertanian bernilai tinggi melalui desain arsitektur.

Lewat desain pula, arsitek bisa membantu memudahkan pemenuhan kebutuhan manusia yang begitu besar dalam skala global. Sebagian besar kebutuhan manusia itu terkonsentrasi di kota-kota besar di dunia.

Thomas mengatakan, saat ini ada sekitar 3,2 juta arsitek yang tersebar di seluruh dunia. Mereka berkomitmen untuk menyediakan layanan kepada berbagai pihak untuk membuat kondisi kota tertata menjadi lebih bersih dan rapi.

Para arsitek juga memiliki tanggung jawab membantu orang yang membutuhkan dan menyediakan ruang publik yang lebih aman, nyaman, dan mudah diakses oleh semua orang.

“Kami tahu kekuatan arsitektur, dan kami akan membagikannya untuk semua orang agar menjadikan dunia yang lebih baik,” ucap Thomas.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X