7 Pencakar Langit Bernasib Malang

Kompas.com - 12/09/2018, 12:48 WIB
(Ryugyog Hotel) Tidak semua bangunan pencakar langit di dunia memiliki nasib mujur, tak sedikit yang bernasib malang dan ditinggalkan.Ho New/Reuters (Ryugyog Hotel) Tidak semua bangunan pencakar langit di dunia memiliki nasib mujur, tak sedikit yang bernasib malang dan ditinggalkan.

KOMPAS.com - Sejak dulu gedung-gedung tinggi menjadi bukti pencapaian manusia. Tengok saja, berbagai proyek pencakar langit di berbagai benua yang menjadi bukti canggihnya peradaban.

Beberapa bahkan menjadi simbol kebanggaan bagi masyarakat setempat. Namun tidak semua pencakar langit di dunia memiliki nasib mujur, tak sedikit yang bernasib malang, seperti gedung di bawah ini:

Ghost Tower, Bangkok

Bangunan bernama The Sathorn Unique ini lebih dikenal dengan nama Ghost Tower atau menara hantu.

Disebut hantu, karena penyelesaian gedung ini terkendala masalah finansial pada 1997. Hingga kini, bangunan 49 lantai ini menjadi salah satu proyek gagal di Thailand.

Sterick Building

Sterick Building selesai dibangun pada 1929 dan merupakan gedung tertinggi di Memphis hingga 1962. Gedung ini pernah menjadi idola warga, terbukti dengan julukan yang diberikan yakni "Queen of Memphis". 

Baca juga: 4 Calon Pencakar Langit Tertinggi di Indonesia

Bangunan ini memiliki tinggi 111 meter dengan 29 lantai. Awalnya Sterick Building brfungsi sebagai ruang perkantoran dengan 2.000 pekerja.

Namun hal ini berubah ketika kepemilikan gedung beberapa kali berpindah tangan. Pada 1986, gedung itu akhirnya kosong.

Centro Financiero Confinanzas, Venezuela

Centro Financiero ConfinanzasFernando Llano/AP Centro Financiero Confinanzas
Gedung yang lebih dikenal dengan nama Torre de David atau Tower of David ini menjulang setinggi 45 lantai di ibu kota Venezuela, Caracas.

Konstruksi dimulai sejak 1990 namun berhenti krtika krisis finansial melanda. Selain itu, kematian pengembang J David Brillembourg juga menyebabkan berhentinya rencana pembangunan.

Akhirnya, bangunan yang belum selesai tersebut menjadi tempat tinggal bagi 3.000 tuna wisma di Caracas.

Hal ini menjadikan Tower of David sebagai tempat kumuh tertinggi di dunia. Pada 2014, Pemerintah Venezuela akhirnya menggusur para tuna wisma itu.

Ryugyog Hotel

Bangunan ini mungkin menjad gedung terbengkalai paling besar di dunia. Ryugyog Hotel merupakan ambisi Pemerintah Korea Utara untuk membangun hotel pencakar langit dan menjadi landmark negara tersebut.

Hotel ini bahkan menjadi perbincangan karena desainnya yang tak biasa. Ukuran bangunan juga tidak sebanding dengan bangunan di sekelilingnya.

Hotel ini juga masih menyisakan misteri karena tidak banyak orang yang mengetahui kondisi di dalamnya.

Halaman:



Close Ads X