Kompas.com - 05/09/2018, 21:00 WIB
Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo Kementerian PUPRDirektur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana memperpanjang ruas Tol Ngawi-Kertosono hingga Kediri. Perpanjangan ruas tersebut diperkirakan mencapai 27 kilometer.

Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo mengatakan, saat ini perseroan masih mengurus penetapan lokasi (penlok). Diharapkan proses tersebut dapat selesai tahun ini agar pekerjaan konstruksi dapat dimulai tahun depan.

"Tinggal menunggu saja, sudah diajukan. Tapi intinya tidak ada masalah dengan penlok sendiri," kata Adrian di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Diperkirakan, nilai investasi yang dibutuhkan untuk membangun ruas tersebut berkisar antara Rp 2,7 triliun hingga Rp 3 triliun.

Baca juga: Banyak Kecelakaan di Tol Ngawi-Kertosono, 4 Hal Harus Diingat

"Kira-kira kali aja Rp 100 miliar per kilometer," cetus Adrian.

Ia pun memprediksi proyek ini memiliki prospek yang cukup baik. Pasalnya, pemerintah berencana membangun bandara di wilayah tersebut.

Pembangunan Bandara Kediri sebelumnya telah masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Rencananya, proyek bandara ini akan dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk.

"Dilihat dari penentuan lokasi (penlok) sekarang itu jaraknya 3 kilometer dari bandara," tuntas Adrian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.