Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Milenial Nyicil Rumah Meningkat Setiap Tahun

Kompas.com - 04/09/2018, 14:46 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR) oleh generasi milenial mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Generasi yang dimaksud berusia serentang 26 tahun sampai 35 tahun.

Data Bank Indonesia (BI) menunjukkan, peningkatan terjadi kurun 2014 sampai 2017. Bahkan perkembangan pemanfaatan KPR oleh generasi milenial tersebut lebih besar jumlahnya dibanding mereka yang berumur 35 tahun sampai 46 tahun.

Manajer Departemen Kebijakan Makroprudensial Bank Indonesia Bayu Adi Gunawan mengungkapkan fenomena ini dalam diskusi Indonesia Housing and Creative Forum bertajuk “Uang Muka KPR Nol Rupiah, Dongkrak Kebangkitan Properti Milenial”.

“Gen Y atau milenial sudah mulai banyak berinvestasi di sektor properti melalui KPR,” ujar Bayu, Selasa (4/9/2018) di Jakarta.

Baca juga: Faktanya, Generasi Milenial Punya Target Beli Rumah

Rumah yang diminati generasi milenial itu kebanyakan bertipe 22 sampai 70 meter persegi. Tipe itu berlaku juga untuk apartemen. Namun, dia tidak menyebutkan angka peningkatan KPR tersebut.

Karena pertumbuhan KPR generasi milenial ini cukup tinggi, BI akan mempermudah prosesnya, terutama bagi para generasi muda atau orang yang baru pertama kali mengajukan KPR.

“Porsi KPR-nya sangat dominan. Kami ingin melonggarkan aturan untuk first time buyer,” ucap Bayu.

Sementara itu, terkait dengan kebijakan BI mengeluarkan loan to value (LTV) sejak 1 Agustus 2018, dia mengatakan, pengaruhnya terhadap kepemilikan KPR untuk tipe 22 sampai 70 meter persegi, termasuk di dalamnya bagi generasi milenial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com