Trik Mendekorasi Rumah Mungil untuk Atlet Berprestasi - Kompas.com

Trik Mendekorasi Rumah Mungil untuk Atlet Berprestasi

Kompas.com - 03/09/2018, 11:00 WIB
Ilustrasi rumahKementerian PUPR Ilustrasi rumah

KOMPAS.com - Para atlet berprestasi pada ajang Asian Games 2018, telah diberi berbagai penghargaan. Mulai dari uang ratusan juta hingga miliaran rupiah, status pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil (PNS), dan rumah.

Salah satu atlet yang telah mendapat kepastian mendapat rumah yaitu Rifki Ardiansyah Arrosyid. Karateka peraih medali emas ini dihadiahi rumah tipe 36 oleh DPD Real Estat Indonesia (REI) Jawa Timur.

Baca juga: Rumah Tipe 36 untuk Rifki, Karateka Peraih Emas Asian Games

Rumah tipe 36 yang akan diterima Rifki tergolong rumah mungil. Rumah tipe ini, biasanya dibeli oleh pasangan yang baru menikah atau mereka yang baru memulai kehidupan berkeluarga.

Mendekor rumah tipe ini dapat dibilang gampang-gampang susah. Namun, Anda jangan khawatir. Kompas.com merangkum trik cara mendekor rumah mungil dari Better Homes and Gardens, agar tetap terlihat lebih luas.

Berikut caranya:

1. Trik ruang tamu kecil

Pilih furnitur yang relatif lebih kecil atau terbuka. Meletakkan sofa pada ruang tamu kecil tentu akan menambah pekerjaan, karena Anda harus berjalan mengitarinya saat berpindah dari ruangan satu ke luar rumah atau sebaliknya.

Selain itu, jangan gunakan karpet penuh motif karena akan membuat ruang tamu semakin sesak.

Untuk memanipulasi garis pandang, gunakan meja tipis. Selain lebih mudah untuk digeser, juga membuat meja tersebut nyarit tak terlihat.

2. Gunakan furnitur multiguna

Misalnya, fungsikan meja yang dapat berguna sebagai lemari penyimpan buku. Atau jadikan meja perapian untuk menaruh hiasan kecil guna mengalihkan titik fokus.

3. Pasang cermin

Menambah cermin pada elemen dekorasi akan menciptakan ilusi ruangan mungil Anda semakin luas. Bila Anda penggemar aliran klasik, maka cermin kuno dapat Anda pajang.

Sebaliknya, bila gaya hidup modern yang diidamkan, maka cermin minimalis dapat Anda pasang.

4. Modifikasi dapur

Gunakan elemen dekorasi sederhana namun tetap cantik. Misalnya ribbed glass sebagai tempat menaruh kue atau pembatas antar ruangan.

Letakkan ornamen ribbed glass di sudut dapur Anda. Selain berfungsi sebagai hiasan, ornamen tersebut juga dapat berfungsi sebagai tempat menaruh makanan.

5. Gandakan fungsi ruangan

Anda sudah memahami karakteristik rumah Anda yang mungil. Karena itu, mengoptimalkan setiap fungsi ruangan adalah kuncinya.

Misalnya, Anda dapat memfungsikan meja makan sebagai meja untuk bekerja. Tambahkan elemen hiasan seperti vas bunga untuk mempercantiknya.

6. Kasur built-in

Saat ini sudah cukup banyak jenis dan model dari kasur built-in. Tak hanya sebagai tempat tidur, tetapi juga dapat difungsikan sebagai lemari.

Gunakan kasur seperti itu untuk mendapatkan space ruangan yang lebih luas. Bila Anda lelah, maka kasur dapat bertugas sebagaimana fungsinya. Namun saat tidak digunakan dapat diangkat untuk digunakan sebagai lemari.

 



Close Ads X