Cara 4 Kota Dunia Perangi Polusi

Kompas.com - 31/08/2018, 16:30 WIB
Pemerintah Kota Madrid menerapkan larangan penggunaan kendaraan di pusat kota.Daniel Lobo Pemerintah Kota Madrid menerapkan larangan penggunaan kendaraan di pusat kota.

KOMPAS.com - Polusi udara menjadi salah satu musuh utama penduduk perkotaan. Buruknya kualitas udara di wilayah kota mendatangkan berbagai masalah kesehatan bagi penduduknya. 

Untuk itulah berbagai kota di dunia mulai melakukan upaya penanganan polusi, seperti empat kota ini:

Nanjing

Polusi merupakan salah satu masalah utama di Nanjing. Arsitek kenamaan, Stefano Boeri membuat rancangan gedung ramah lingkungan yang sekaligus berfungsi sebagai hutan kota.

Gedung dengan julukan Nanjing Vertical Garden ini merupakan yang pertama di Asia. Gedung ini merupakan proyek ketiga karya Stefano Boeri Architects setelah bangunan seruapa dibangun di Milan dan Lausanne.

Desainnya mirip dengan rancangan purwarupa Milan Vertical Forest.

Melansir laman Stefano Boeri Architetti, kedua bangunan ini menjadi salah satu hutan kota yang menyediakan pasokan udara bersih dengan berbagai macam tanaman hijau di sekelilingnya.

Gedung ini merupakan proyek ketiga karya Stefano Boeri Architects setelah bangunan seruapa dibangun di Milan dan Lausanne.www.dezeen.com Gedung ini merupakan proyek ketiga karya Stefano Boeri Architects setelah bangunan seruapa dibangun di Milan dan Lausanne.
Sejumlah 600 buah tanaman besar digunakan untuk menghiasi fasad bangunan.

Selain itu ada pula 500 tanaman berukuran sedang serta 2.500 buah tanaman gantung dan semak belukar menghiasi lahan seluas 6.000 meter persegi.

Berlokasi di Nanjing Pukou District, dua buah menara berdiri tegak dengan ketingian masing-masing 200 dan 180 meter.

Gedung pertama akan menjadi ruang perkantoran, museum, private club, dan sekolah arsitektur hijau.

Gedung kedua, akan menjadi hotel yang dikelola oleh Hyatt dengan 247 kamar.

Gedung ini juga dilengkapi dengan podium setinggi 20 meter yang berfungsi sebagai ruang komersial, rekreasi, serta ruang pendidikan.

Nantinya, Nanjing Vertical Tower bisa menyerap 25 ton karbon dioksida setiap tahun.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X