Kompas.com - 31/08/2018, 07:00 WIB
Beginilah Lakhta Center, gedung tertinggi di Eropa, jika sudah selesai dibangun. Viktor Sukharukov ©Lakhta Center/CNNBeginilah Lakhta Center, gedung tertinggi di Eropa, jika sudah selesai dibangun.

KOMPAS.com - Meski jumlah pencakar langit di benua biru kalah banyak dibanding Asia, namun Eropa tak kehilangan pesonanya.

Di benua ini, Rusia merajai daftar jumlah bangunan pencakar langit terbanyak. Negara ini memiliki 6 bangunan berjuluk supertall atau dengan ketinggian lebih dari 300 meter.

Bahkan berdasarkan data dari Council of Tall Building and Urban Habitat, bangunan tertinggi di benua biru saat ini dipegang oleh Lakhta Center di kota St. Petersburg, Rusia.

Baca juga: Lima Gedung Tertinggi di Indonesia hingga 2020

Gedung yang masih dalam tahap konstruksi ini memiliki ketinggian 462 meter dan rencananya rampung pada tahun 2019 mendatang.

Sementara, dari 7 bangunan berjuluk supertall, 5 di antaranya berada di Kota Moscow. Kelima bangunan tersebut masing masing:

1. Federation Tower (373,7 meter)
2. OKO - Residential Tower (353,6 meter)
3. Mercury City Tower (338,8 meter)
4. Stalnaya Vershina (308,9 meter)
5. Capital City Moscow Tower (301,8 meter)

Dua bangunan supertall lain berada di Kota St. Petersburg (Lakhta Center) dan gedung The Shard dengan ketinggian 306 meter di London.

Sementara itu masih ada satu gedung supertall lain di kota Moscow, yang masih dalam tahap pembangunan. Gedung bernama Neva Towers 2 ini rencananya akan menjulang dengan ketinggian 345 meter.

Selain Neva Towers 2, Moscow juga akan memiliki satu bangunan supertall lainnya. Gedung yang belum memiliki nama resmi ini masih tahap penyelesaian desain.

Bangunan yang dirancang oleh arsitek Sergey Skuratov ini nantinya akan menjadi gedung tertinggi di Moscow, dengan ketinggian 404 meter.

Melansir CNN, pembangunan akan dimulai pada tahun 2019, dan akan dibuka pada 2024 mendatang. Gedung ini nantinya akan menjadi bangunan pencakar langit tertinggi kedua di Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN,CTBUH
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.