Kejar Target Operasi Awal 2019, JSB Kebut Proyek Tol Batang-Semarang

Kompas.com - 30/08/2018, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Batang-Semarang terus dikebut. Hingga akhir Agustus, pengerjaan konstruksi jalan tol tersebut sudah mencapai 86,12 persen. Sementara proses pembebasan lahan mencapai 88,46 persen.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengapresiasi sejumlah langkah inovasi percepatan yang dilakukan oleh PT Jasamarga Semarang Batang (JSB).

"Untuk lahan, kami targetkan selesai awal September dan konstruksi awal November 2018,” ujar Desi dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (30/8/2018).

Baca juga: Wali Kota Singgung Masjid dan Makam di Tol Batang-Semarang

Sebagian besar Jalan Tol Semarang-Batang sudah terpantau dalam bentuk rigid pavement. Sebagian kecil lainnya masih berupa lean concrete atau lantai kerja dengan ketebalan sekitar 10 sentimeter.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT JSB Arie Irianto mengungkapkan optimismenya dapat menyelesaikan proyek Jalan Tol Batang-Semarang hingga akhir tahun 2018.

Tol ini diproyeksikan sudah beroperasi pada awal tahun 2019 mendatang. Sebelumnya, jalan tol ini telah dibuka secara fungsional alias gratis saat arus mudik lalu.

Arie mengungkapkan, masih ada beberapa detil pekerjaan yang belum tuntas, seperti pembebasan lahan di sekitar Jembatan Landak.

Selain itu, pihaknya juga masih menunggu validasi terkait lahan dari BPN. Selain itu, sejumlah fasilitas lain juga masih dalam proses penyelesaian, misalnya rest area, penerangan, marka jalan, dan saluran air (drainase).

Rencananya, rest area di Jalan Tol Semarang-Batang akan dikelola oleh kelompok usaha Jasa Marga lainnya, yakni PT Jasamarga Properti.

Foto udara kendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Kenaikan volume kendaraan mengakibatkan antrean sepanjang 1 kilometer jelang exit toll Grinsing dan adanya pembangunan Jembatan Kalikuto dan dijadwalkan baru akan selesai pada H-2 lebaran.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Foto udara kendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018). Kenaikan volume kendaraan mengakibatkan antrean sepanjang 1 kilometer jelang exit toll Grinsing dan adanya pembangunan Jembatan Kalikuto dan dijadwalkan baru akan selesai pada H-2 lebaran.
"Kami akan monitoring progres dan action plan Jalan Tol Semarang-Batang agar tercapai sesuai yang ditargetkan,” ujar Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.