Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Lalu Lintas di Pintu Tol, RFID Segera Berlaku di India

Kompas.com - 30/08/2018, 19:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - South Delhi Municipal Corporation (SDMC) akan menerapkan sistem radio frequency identification (RFID) atau identifikasi frekuensi radio untuk mengatur lalu lintas jalan tol di Delhi, India. Teknologi itu akan diberlakukan di 65 ruas jalan perbatasan pada akhir Oktober tahun 2018.

Oleh karena itu, SDMC selaku pengelola mengharapkan pengerjaan sistem itu bisa selesai pada 13 September 2018.

Menurut pejabat setempat, hal lain yang diperkirakan butuh waktu hingga akhir Oktober nanti yaitu instalasi perangkat lunak dan beberapa pekerjaan lain.

RFID akan berlaku di 13 pintu masuk yang dilalui oleh 85 persen kendaraan di Delhi. SDMC optimistis pengenalan sistem baru untuk membayar pajak dan mengurangi kemacetan di pintu tol ini bisa diselesaikan dengan baik.

Nantinya, ada tiga jenis pintu masuk, yaitu pintu untuk kendaraan non-komersial, pintu untuk campuran pembayaran tol secara tunai dan melalui RFID, serta pintu khusus RFID.

Untuk pintu campuran, rencananya akan dikonversi menjadi pintu khusus RFID secara penuh pada Maret 2019.

Sistem yang sedang dikembangkan ini akan menggabungkan data dari semua kendaraan yang masuk dan keluar dari kota itu.

"RFID ini tidak hanya akan membantu mengidentifikasi kendaraan yang berumur lebih dari 10 tahun dilarang masuk ke kota, tetapi juga akan memblokir kendaraan yang masuk daftar hitam," ujar pejabat setempat, seperti dipublikasikan The Economic Times.

Dia menambahkan, sistem ini bukan hanya bisa mengetahui kecukupan nilai saldo kartu untuk membayar tol, melainkan juga memiliki lebih banyak informasi untuk memastikan tidak ada orang yang menyalahgunakan identitasnya.

Sebelumnya, RFID sudah digunakan untuk pembayaran jalan tol di Dubai, Singapura, dan Inggris. Hasilnya pun dinyatakan bagus.

Pengendara motor menggunakan masker saat mengendarai kendaraannya melintasi jalanan kota New Delhi, India.AP Pengendara motor menggunakan masker saat mengendarai kendaraannya melintasi jalanan kota New Delhi, India.
Di London, sistem ini menggunakan video streaming untuk mengirim data ke badan pengelola jalan jika ada kendaraan yang tidak membayar biaya perjalanan.

Sementara di Dubai dan Singapura, pengendara bisa menggunakan RFID dengan membeli kartu prabayar.

Caranya dengan mendeteksi melalui kartu yang dipasangan di kaca mobil, lalu saldo tol akan berkurang secara otomatis ketika melewati gerbang tol.

Cara ini membuat arus lalu lintas lebih lancar karena kendaraan tidak perlu berhenti untuk melakukan pembayaran tol.

Petugas SDMC mengungkapkan bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan perusahaan Spanyol yang telah berpengalaman di lebih dari 40 negara dalam penerapan sistem RFID.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com