Menghirup Oksigen dari 5 Bangunan Berkonsep Hijau

Kompas.com - 27/08/2018, 22:00 WIB
PARKROYAL on Pickering memang dirancang sebagai hotel sekaligus perkantoran di dalam kebun. www.archdaily.comPARKROYAL on Pickering memang dirancang sebagai hotel sekaligus perkantoran di dalam kebun.

KOMPAS.com - Bangunan dengan rimbun pepohonan bukan merupakan hal baru pada masa ini. Mengintegrasikan tanaman ke dalam desain suatu bangunan sedang menjadi tren, bahkan diprediksi menjadi model bangunan pada masa mendatang.

Dengan mengintegrasikan tanaman ke dalam rancangan bangunan, memberikan banyak manfaat. Seperti menghasilkan oksigen segar, mengurangi polusi dan juga memberikan pengaruh dalam mendinginkan suhu lingkungan.

Beberapa bangunan di bawah ini bahkan sukses menggabungkan taman bahkan kebun, bahkan sukses menciptakan ekosistem buatan ke dalam rancangannya. 

Willis Faber and Dumas Headquarters

Bangunan ini merupakan contoh bangunan perintis yang mulai menerapkan standar hemat energi yang kini marak digunakan pada gedung-gedung modern.www.arch2o.com Bangunan ini merupakan contoh bangunan perintis yang mulai menerapkan standar hemat energi yang kini marak digunakan pada gedung-gedung modern.
Willis Faber and Dumas Headquarters atau Willis Building di Ipswich, Inggris, merupakan bangunan pertama yang mengintegrasikan konsep tanaman di dalam bangunan. Dibangun pada tahun 1975, gedung ini dirancang oleh Sir Norman Foster.

Bangunan ini merupakan contoh bangunan perintis yang mulai menerapkan standar hemat energi yang kini marak digunakan pada gedung-gedung modern.

Atap rumput juga dipenuhi dengan rumput sehingga mampu menangkal panas.

Menyadari inovasi ini, selama bertahun-tahun Willis Building telah menerima penghargaan sebagai bangunan ramah energi.

ACROS

Dibuka pada tahun 1995, bangunan ini menjadi pusat kebudayaan di pusat kota Fukuoka, Jepang.www.greenroofs.com Dibuka pada tahun 1995, bangunan ini menjadi pusat kebudayaan di pusat kota Fukuoka, Jepang.
Asian Crossroads Over the Sea (ACROS) Fukuoka Prefectural International Hall merupakan contoh terbaik dari integrasi tanaman ke dalam bangunan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X