Pohon dalam Rumah, Arsitektur Nan Sempurna

Kompas.com - 26/08/2018, 10:00 WIB
Batang pohon dalam kamar mandi, menembus dan mendukung plafond LL HOUSE karya TonTon Studio ArsitagBatang pohon dalam kamar mandi, menembus dan mendukung plafond LL HOUSE karya TonTon Studio

KOMPAS.com - Rumah Pohon berarti membangun rumah di atas pohon. Tetapi, bagaimana dengan menyatukan pohon yang besar itu ke dalam desain rumah kontemporer?

Bayangkan integrasi keindahan alami dari batang dan cabang pohon dengan ruang-ruang di dalam rumah.

Pepohonan adalah karya arsitektur alami yang sempurna. Selain indah, pepohonan juga meneduhkan dan melindungi dari perubahan musim.

Sangatlah beruntung jika kita bisa mengikutsertakan pepohonan ke dalam desain eksterior dan interior rumah, menyatukannya dengan semua elemen desain lainnya.

Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Pohon yang telah ada di lahan rumah

Kealamian pohon yang menyatu dengan elemen kamar mandi LL HOUSE karya TonTon Studio Arsitag Kealamian pohon yang menyatu dengan elemen kamar mandi LL HOUSE karya TonTon Studio
Untuk tumbuh dewasa, pohon memerlukan waktu belasan, puluhan, bahkan ratusan tahun. Sangatlah disayangkan jika memotong dan membuangnya ketika membangun sebuah rumah di sekelilingnya.

Manfaatkan segala kelebihan pohon yang sudah ada dengan optimal. Kekuatannya bisa juga mendukung struktur.

Keunikan bentuk cabangnya bisa berfungsi sebagai keindahan interior. Warna cokelat alaminya akan menambah kehangatan ruang.

Cermati karakteristik pohon

Pohon sebagai elemen alami interior yang menjadi focal point pada Beautiful Brazilian House homedesigning Pohon sebagai elemen alami interior yang menjadi focal point pada Beautiful Brazilian House
Setiap jenis pohon memiliki karakteristik tersendiri. Ada yang tahan perubahan musim dan selalu hijau. Ada juga yang akan meranggas di musim kemarau.

Karakterisistik ini harus dipertimbangkan saat perancangan agar tidak menjadi kendala, tetapi menjadi elemen yang bersatu dengan ruang maupun struktur bangunan.

Memang banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Mintalah saran dari ahli tanaman/arsitek lanskap untuk mengetahui usia, kesehatan, dan kondisi pertumbuhan pohon yang dimiliki.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X