Kompas.com - 21/08/2018, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk terus mengebut pekerjaan proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek). Diharapkan, pada akhir tahun ini seluruh pekerjaan sipil sudah beres.

"Desember itu pekerjaan sipil selesai," kata Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto di Kantor Kementerian PUPR, Senin (20/8/2018).

Baca juga: 15 Agustus, Jakpro Uji Operasi LRT Jakarta secara Terbatas

Saat ini, pekerjaan konstruksi telah mencapai 45 persen. Ia menyebut, di beberapa titik seperti relasi Cawang-Cibubur juga telah dipasang rel.

"Untuk stasiun belum ada (yang selesai), baru konstruksi. Replacement," terang Budi.

Meski cukup positif, Budi mengaku, masih ada kendala dalam proses pembebasan lahan seperti yang terjadi di kawasan Bekasi Timur.

Kendati demikian, Budi optimistis, Tahap I proyek ini dapat selesai tepat waktu yaitu pada Juni 2019. Tahap I proyek ini memiliki jurusan Cawang-Dukuh Atas (10,5 km), Cawang-Bekasi Timur (18,3 km), dan Cawang-Cibubur (14,3 km). 

Untuk diketahui, nilai investasi proyek LRT Jabodebek mencapai Rp 29,9 triliun. Nilai tersebut terdiri atas sarana, pra sarana, dan interest during construction (IDC).

Pelaksanaan proyek ini dilakukan berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2017 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit terintegrasi di wilayah Jabodebek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.