Konstruksi Sipil LRT Jabodebek Rampung Akhir 2018

Kompas.com - 21/08/2018, 11:30 WIB
Kendaraan melintas di samping proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi di kawasan MT Haryono, Jakarta, Senin (7/8/2017). Pemerintah menargetkan pembangunan LRT tahap pertama rampung pada Desember 2019 dan setelah itu akan dilakukan uji coba selama tiga bulan hingga Maret 2020. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/17. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJAKendaraan melintas di samping proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi di kawasan MT Haryono, Jakarta, Senin (7/8/2017). Pemerintah menargetkan pembangunan LRT tahap pertama rampung pada Desember 2019 dan setelah itu akan dilakukan uji coba selama tiga bulan hingga Maret 2020. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc/17.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk terus mengebut pekerjaan proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek). Diharapkan, pada akhir tahun ini seluruh pekerjaan sipil sudah beres.

"Desember itu pekerjaan sipil selesai," kata Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto di Kantor Kementerian PUPR, Senin (20/8/2018).

Baca juga: 15 Agustus, Jakpro Uji Operasi LRT Jakarta secara Terbatas

Saat ini, pekerjaan konstruksi telah mencapai 45 persen. Ia menyebut, di beberapa titik seperti relasi Cawang-Cibubur juga telah dipasang rel.

"Untuk stasiun belum ada (yang selesai), baru konstruksi. Replacement," terang Budi.

Meski cukup positif, Budi mengaku, masih ada kendala dalam proses pembebasan lahan seperti yang terjadi di kawasan Bekasi Timur.

Kendati demikian, Budi optimistis, Tahap I proyek ini dapat selesai tepat waktu yaitu pada Juni 2019. Tahap I proyek ini memiliki jurusan Cawang-Dukuh Atas (10,5 km), Cawang-Bekasi Timur (18,3 km), dan Cawang-Cibubur (14,3 km). 

Untuk diketahui, nilai investasi proyek LRT Jabodebek mencapai Rp 29,9 triliun. Nilai tersebut terdiri atas sarana, pra sarana, dan interest during construction (IDC).

Pelaksanaan proyek ini dilakukan berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2017 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit terintegrasi di wilayah Jabodebek.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X