15 Agustus, Jakpro Uji Operasi LRT Jakarta secara Terbatas - Kompas.com

15 Agustus, Jakpro Uji Operasi LRT Jakarta secara Terbatas

Kompas.com - 10/08/2018, 11:32 WIB
Sebuah kereta LRT (Light Rail Transit) dibawa dari Pelabuhan Tanjung Priok untuk diangkut ke jalurnya di Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (15/7) dini hari. Jelang pengoperasian LRT Jakarta Koridor I fase I (Kelapa Gading-Velodrome), sebanyak delapan kereta LRT akan dibawa dari Deramaga Pelabuhan Tanjung Priok dan diangkat ke jalurnya di Kelapa Gading. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww/18.Hafidz Mubarak A Sebuah kereta LRT (Light Rail Transit) dibawa dari Pelabuhan Tanjung Priok untuk diangkut ke jalurnya di Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (15/7) dini hari. Jelang pengoperasian LRT Jakarta Koridor I fase I (Kelapa Gading-Velodrome), sebanyak delapan kereta LRT akan dibawa dari Deramaga Pelabuhan Tanjung Priok dan diangkat ke jalurnya di Kelapa Gading. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww/18.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jakarta Propertindo ( Jakpro) akan melakukan uji operasi light rail transit (LRT) Jakarta Fase I Kelapa Gading-Velodrome, secara terbatas pada 15 Agustus 2018 mendatang.

Direktur Utama Jakpro Dwi Wahyu Daryoto memastikan hal tersebut saat konferensi pers kinerja perusahaan Kuartal II-2018, Kamis (9/8/2018).

Menurut Dwi uji uji operasi dilakukan menyusul kesiapan operasional yang telah mencapai 91 persen atau sesuai jadwal.

Sementara perkembangan konstruksi fisik prasarana per awal Agustus telah mencapai 82 persen dan sarana 85 persen. 

Baca juga: Satu Semester, Laba Bersih Jakpro Melonjak 180 Persen

"Ini termasuk perhitungan progres pembangunan depo LRT. Jika dihitung di luar konstruksi depo, perkembangan Fase I dan stasiun Velodrome sudah mencapai 90 persen," jelas Dwi.

Dia melanjutkan, saat ini Kementerian Perhubungan sedang melakukan proses akhis pengujian prasarana dan sarana untuk kemudian dapat mengeluarkan rekomendasi operasi.


Sebelum beroperasi, kata Dwi, butuh uji coba sebanyak 1.000 sampai 2.000 jam, sekaligus untuk memenuhi persyaratan dari Kementerian Perhubungan.
 
"Harus dipahami juga untuk beroperasi sepenuhnya banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Termasuk uji coba ribuan jam itu tadi," cetus Dwi.
 
Demikian halnya dengan berbagai perizinan lainnya yang harus dipenuhi, seperti izin usaha prasarana perkeretaaapian, dan izin usaha sarana perkeratapian.
 
"Uji operasi dilakukan secara terbatas. Penumpangnya pun terbatas seperti media, anak sekolah, dan aparatur sipil negara (ASN)," imbuh Dwi.
 
Uji operasi LRT Jakarta Fase I ini akan dilakukan secara bersamaan dengan peresmian rute Velodrome-Kelapa Gading.

Komentar
Close Ads X