Adhi Karya Incar Proyek Tol Solo-Yogyakarta

Kompas.com - 20/08/2018, 15:07 WIB
Ilustrasi tol Kementerian PUPRIlustrasi tol

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk mengincar proyek Tol Solo-Yogyakarta. Targetnya, proyek tersebut mulai dikerjakan pada tahun 2019.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto mengatakan, dokumen prakarsa berupa feasibility study telah diajukan kepada pemerintah beberapa waktu lalu. Adhi akan berkolaborasi dengan swasta dalam menggarap proyek tersebut.

"Kami joint dengan swasta, porsi Adhi 40 persen. Partnernya ada Gama Group," kata Budi di Kantor Kementerian PUPR, Senin (20/8/2018).

Baca juga: Catat, Rincian Tarif Tol Solo-Ngawi

Pelibatan Gama Group, sebut dia, juga sejalan dengan keinginan pemerintah yang terus mendorong andil swasta dalam menggarap proyek infrastruktur.

Nantinya, hampir 60 persen porsi proyek tersebut akan digarap Gama beserta pihak swasta lain yang telah diajak berpartisipasi.

"Ini pertama mereka masuk tol dengan Adhi. Porsi mereka ada partner lagi dengan swasta," ungkap Budi.

Ia menambahkan, pekerjaan Tol Solo-Yogyakarta diperkirakan menelan investasi Rp 19 triliun. Pasalnya, ada bagian yang akan dibuat melayang atau elevated, sehingga memerlukan biaya cukup besar.

Budi pun berharap proses lelang tol demgan panjang sekitar 70 kilometer ini dapat segera dilaksanakan.

"Jadi tahun depan bisa langsung fisik. Ini proyek kami (untuk) tol paling besar," cetus Budi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X