Gandeng Jepang, Pemerintah Bangun Jalan Menuju Pelabuhan Patimban

Kompas.com - 14/08/2018, 13:00 WIB
Rencana pembangunan jalan akses menuju Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEARencana pembangunan jalan akses menuju Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggandeng Japan International Cooperation Agency ( JICA) untuk membangun jalan akses menuju Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Penandatanganan kerja sama dilakukan pada hari ini, Selasa (14/8/2018) antara Kementerian PUPR, JICA dan Kementerian Perhubungan.

Posisi JICA sebagai pemberi dana pinjaman dan Kementerian Perhubungan selaku pengelola Pelabuhan Patimban.

Baca juga: Jepang Sebut Pelabuhan Patimban dan MRT Jakarta Sangat Strategis

Jalan yang menghubungkan antara jalur pantura dan Pelabuhan Patimban itu secara keseluruhan  terbentang 8,2 kilometer.

Sepanjang 5,9 kilometer di antaranya berupa pile slab, 1,6 kilometer berupa jalan layang, dan 0,7 kilometer berupa embankment.

“Jadi dari jalur pantura masuk ke pelabuhan. Kementerian PUPR yang membangun fisik jalan, sumber dana dari JICA, dan selanjutnya pengelolaan diserahkan ke Kemenhub,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiartanto.

Dana pinjaman dari JICA yang dikucurkan untuk pembangunan jalan itu senilai Rp 1,2 triliun.

Menurut target, proyek itu akan diselesaikan pada tahun 2019, tetapi diusahakan konstruksinya bisa rampung lebih cepat.

“Target selesai 2019. Mungkin bisa maju dua atau tiga bulan lebih cepat, dan diusahakan manfaatnya bisa dirasakan lebih awal,” ucapnya.

Dia menambahkan, strategi untuk melakukan percepatan pembangunan proyek itu dilakukan antara lain dengan memperkuat efektivitas dan efisiensi alat yang digunakan.

Mengenai masalah lahan, ujar Sugiartanto, saat ini sudah sekitar 98 persen dan hanya tinggal sedikit di sekitar bundaran jalan yang belum bebas.

Sesuai rencana, pembangunan proyek itu dilakukan selama 18 bulan. Bertindak selaku kontraktor yaitu Shimizu Corporation, PT PP (Persero) Tbk, dan PT Bangun Cipta Kontraktor.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X