Kompas.com - 13/08/2018, 12:46 WIB

BATAM, KOMPAS.com - Kantor Pertanahan Kota Batam, Kepulauan Riau, sampai saat ini terus menyegerakan pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL).

Bahkan hingga saat ini Kantor Pertanahan Batam telah mencapai lebih dari 50 persen target pelaksanaan.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Batam Askani mengatakan untuk target pelaksanaan program PTSL, hingga saat ini telah mencapai lebih dari 16.594 sertifikat telah diterbitkan atau sebanyak 50 persen.

Dari target 50.000 bidang tanah sedangkan untuk menerbitkan sertifikat ditargetkan 40.000 bidang tanah.

"Untuk tahun ini, target pengurusan sertifikat gratis melalui program PTSL sebanyak 50.000 bidang tanah yang dilakukan pegukuran, sedangkan untuk menerbitkan sertifikat ditargetkan 40.000 bidang tanah. Target ini naik 100 persen dari target tahun 2017, yaitu sebanyak 20 ribu bidang tanah," kata Askani, Senin (13/8/2018).

Baca juga: Harga Tanah Tinggi, Indikasi Perbaikan Kondisi Ekonomi

Namun, hingga hari ini Perkantoran Tanah Kota Batam telah melakukan pengukuran lebih dari 30.000 bidang tanah.

Sementara 36.000 unit masuk pemberkasan dan menerbitkan sebanyak 16.594 sertifikat dan ditargetkan akhir Oktober 2018 semua rampung.

Askani mengatakan animo masyarakat Batam terhadap program PTSL cukup tinggi, sebab saat ini pemerintah telah banyak memberikan kemudahan terkait persyaratan yang harus dipenuhi.

"Program PTSL ini diberikan secara gratis, biaya pengurusan tidak ditarik kecuali bagi bidang yang nilai jualnya di atas Rp 60 juta dan bidang tanah yang masih terhutang Uang Wajib Tahunan (UWT) dikenakan biaya bphtb," jelas Askani.

Tidak saja program PTSL, saat ini Perkantoran Tanah Kota Batam juga sedang menyelesaikan penerbitan sertifikat untuk semua lahan rumah ibadah dan lahan barang milik negara (BMN) di wilayah Batam, Kepulauan Riau (Kepri) hingga akhir oktober 2018.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.