Pemerintah Pastikan Kebutuhan Air dan Sanitasi Lombok Utara Terpenuhi

Kompas.com - 07/08/2018, 09:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pascagempa bermagnitudo 7 pada Minggu (5/8/2018) malam, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah menyambangi Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Senin (6/8/2018).

Basuki memimpin langsung rapat koordinasi di tenda darurat posko induk gabungan di Kecamatan Tanjung, yang merupakan ibu kota kabupaten tersebut.

Kecamatan yang dihuni sekitar 47.000 jiwa itu menjadi salah satu kecamatan yang menerima dampak terparah akibat gempa.

Setelah rapat, Basuki menuju Jembatan Sokong di Kecamatan Tanjung. Jembatan ini merupakan satu dari lima jembatan yang mengalami kerusakan. Balok induk pada jembatan mengalami kerusakan sepanjang 15 sentimeter.

Baca juga: Data Sementara Pascagempa Lombok: 2.700 Wisatawan Dievakuasi dari 3 Gili

Perbaikan Jembatan Sokong akan dilakukan tim Direktorat Jembatan Ditjen Bina Marga bersama Balitbang PUPR.

"Saat ini jembatan ditutup sementara, sehingga warga yang melintas bisa melalui jalan alternatif yang tidak jauh dari lokasi jembatan," kata Basuki dalam keterangan tertulis.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kondisi jembatan di Kabupaten Lombok Utara, Senin (6/8/2018).Kementerian PUPR Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat mengecek kondisi jembatan di Kabupaten Lombok Utara, Senin (6/8/2018).
Sementara itu, untuk kondisi jalan nasional yang ada, meski masih berstatus fungsional namun tidak ada yang terputus.

Kendati demikian, tercatat ada tujh titik di sepanjang KM 57 hingga KM 64 dari Kota Mataram yang berpotensi longsor.

Selain mengecek jalan dan jembatan, Basuki juga meninjau sumur bor yang berlokasi sekitar 2 kilometer dari pusat kecamatan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pasokan air di lokasi pengungsian dan berbagai prioritas lainnya seperti rumah sakit, puskesmas, mushola dan hunian warga tetap terjaga.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.