Si Merah yang Memicu Gairah - Kompas.com

Si Merah yang Memicu Gairah

Kompas.com - 31/07/2018, 23:30 WIB
Wisatawan melewati tembok rumah merah atau juga dikenal dengan sebutan Tiongkok Kecil Heritage di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2017). Tiongkok Kecil Heritage adalah salah satu bangunan bergaya Cina Hindia di Desa Karangturi yang telah direnovasi.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan melewati tembok rumah merah atau juga dikenal dengan sebutan Tiongkok Kecil Heritage di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Jumat (10/2/2017). Tiongkok Kecil Heritage adalah salah satu bangunan bergaya Cina Hindia di Desa Karangturi yang telah direnovasi.

KOMPAS.com - Merah sebagai warna primer menggambarkan suasana hati yang gembira, bahkan bisa memacu adrenalin.

Tak hanya suasana ceria, merah juga bisa menandakan hal negatif seperti kemarahan, bahaya, juga nafsu. Merah juga berhubungan dengan gairah, energi kekuatan, dan daya tahan.

Menurut sejarah, warna merah pertama kali ditemukan dalam lukisan di gua 13B di Pinnacle Point. Tempat ini merupakan situs arkeologi yang berada di garis pantai Afrika Selatan.

Para ilmuwan di tahun 2000 menemukan bukti bahwa masyarakat di akhir zaman batu, yaitu sekitar 170.000 hingga 40.000 tahun lalu menggunakan bahan ocre atau campuran tanah liat yang memiliki pigmen berwarna. Campuran bahan ini kemungkinan digunakan untuk mewarnai tubuh mereka.

Dalam pewarnaan bangunan, warna merah kerap digunakan dalam bangunan tradisional China.

Dinasti Tang serta Dinasti Song bahkan menggunakan merah ini sebagai warna gerbang. Bangsawan China juga menggunakan warna ini sebagai warna dominan rumah mereka.

Kota Terlarang (Forbidden City) adalah tempat wisata paling terkenal China.SHUTTERSTOCK Kota Terlarang (Forbidden City) adalah tempat wisata paling terkenal China.
Karakteristik warna merah

Psikologi warna tak hanya digunakan dalam seni dan strategi marketing saja, namun juga digunakan dalam penataan dan interior ruangan.

Warna juga berpengaruh pada mood, perasaan, dan perilaku seseorang. Merah juga sering disamakan dengan emosi atau arogansi.

Tentunya perasaan seseorang mengenai warna juga tergantung pada seberapa besar pengalaman pribadi orang tersebut.

Sebagai contoh, warna putih banyak digunakan di negara barat untuk mewakili atau melambangkan kesucian.

Di beberapa tradisi warna ini digunakan sebagai lambang keberanian, seperti di Afrika Tengah dan Jepang yang menggunakan warna merah sebagai simbol kepahlawanan.

Merah dalam interior

Ketika dipadankan dengan warna lain, merah cenderung tampil menonjol. Untuk itu diperlukan trik khusus untuk interior agar terlihat lebih menyatu.

Sebelum memadukan dengan berbagai aksen, pastikan Anda menentukan terlebih dahulu jumlah dinding yang ingin dilapisi dengan warna merah.

Ruang dengan ukuran besar, terbuka, dan ditujukan untuk anak-anak sebaiknya menggunakan warna lain.

Agar merah tak terasa menonjol di dalam ruangan, padukan dengan nuansa lain. Pasangan warna seperti hitam dan putih bisa menjadi pilihan.

Dinding berwarna merah juga serasi dengan perpaduan warna putih dan biru. Merah-putih-biru mungkin mengingatkan Anda pada bendera Amerika Serikat, atau Prancis. Namun, warna-warna ini juga menarik digunakan dalam ruangan.www.laurakirar.com Dinding berwarna merah juga serasi dengan perpaduan warna putih dan biru. Merah-putih-biru mungkin mengingatkan Anda pada bendera Amerika Serikat, atau Prancis. Namun, warna-warna ini juga menarik digunakan dalam ruangan.
Di ruang makan atau dapur, semburat warna merah atau oranye mampu menambah nafsu makan. Inilah mengapa di banyak resto atau rumah makan cepat saji, warna merah sering menjadi pilihan untuk interior.

Mewarnai ruang dengan warna ini tentu menjadi pilihan ketika warna merah di dinding ruang tamu dan dapur warna merah mampu menambah nafsu makan.

Selain ruang makan, merah juga bisa diaplikasikan ke ruang tamu dengan menambahkan beebrapa asesoris dan dekorasi.

Di kamar tidur, warna merah juga mampu meningkatkan gairah dan romantisme namun warna kurang cocok saat diaplikasikan terlalu berlebihan, karena akan membuat detak jantung meningkat sehingga sulit untuk tidur.

Jika Anda memiliki home theater di rumah, warna ini cocok untuk menghias dinding. Padukan saja dengan semburat warna hitam yang akan memberikan sensasi lebih berani di dalam ruangan.

Rumah bercat merah di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja di Bantul, Yogyakarta, ini yang menjadi latar belakang perpisahan singkat Rangka dan Cinta di film Ada Apa dengan Cinta? 2.  KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI Rumah bercat merah di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja di Bantul, Yogyakarta, ini yang menjadi latar belakang perpisahan singkat Rangka dan Cinta di film Ada Apa dengan Cinta? 2.
Dinding berwarna merah juga bisa dipadankan dengan warna krem atau oranye. Masukkan pula perabot berwarna kayu untuk membuat ruangan tersebut terlihat lebih “kaya”.

Berdasarkan tekstur, warna merah gelap mampu menyerap lebih banyak cahaya sedangkan warna merah cerah mampu memantulkan cahaya dari dinding.

Merah dengan semburat warna cokelat atau ungu akan terasa lebih hangat dibandingkan dengan merah darah dengan sedikit sentuhan pink. Warna merah-oranye mampu Anda merasa lebih bertenaga.



Close Ads X