Kompas.com - 26/07/2018, 15:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta telah merampungkan survei terkait tarif yang mampu dibayar masyarakat ketika MRT beroperasi tahun depan.

Hasil survei mengemuka, kesediaan membayar atau willingness to pay (WTP) masyarakat hanya di kisaran Rp 8.500 per 10 kilometer.

"Jadi anda tahu dengan (panjang) 16 kilometer, kira-kira seperti apa harganya," kata Direktur Operasional MRT Agung Wicaksono di kantornya, Kamis (26/7/2018).

Baca juga: Progres 95,33 Persen, MRT Uji Coba Kereta Pertama 9 Agustus

Survei dilakukan secara daring terhadap 10.073 responden yang tersebar di sekitar wilayah Jakarta. 65,5 persen responden menyatakan bersedia untuk beralih moda transportasi ke MRT.

Sementara itu, 62,2 persen di antaranya setuju membayar tarif lebih dari kemampuan membayar sebesar Rp 8.500.

Agung menambahkan, dalam waktu dekat MRT akan berkomunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI atas hasil survei yang telah dilakukan.

Perlu dibahas pula kemampuan pemerintah dalam memberikan subsidi terhadap tarif tiket, sebelum nantinya diputuskan dalam pembahasan APBD DKI 2019.

"Dan kami akan usulkan berbasis jarak. Jadi tidak sama (tarif) Lebak Bulus-Blok M, Bunderan HI-Blok M, Lebak Bulus-Bundaran HI. Itu nanti ada formulanya, ada tabelnya," jelas Agung.

Nantinya, keputusan terakhir soal tarif yang berlaku ada di tangan Pemprov DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.